loading...

Cara Merawat Anggrek Dendrobium Agar Rajinn Berbunga

Posted by

loading...
Tips Perawatan Anggrek Dendrobium Agar Rajin Berbunga dan Sehat
Dendrobium Lasianthera
Add caption
Anggrek dendrobium, jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan. Mudah dalam perawatannya. Anggrek dendrobium masuk dalam kelompok anggrek epifit. Anggrek ini mempunyai kombinasi warna yang paling banyak variasinya. Dari hasil para penyilang, baik didalam maupun diluar negeri. Anggek ini banyak digemari, karena harganya terjangkau.

Spesies aggrek dendrobium tumbuh menyebar dihutan tropis Indonesia. Jenis anggrek ini sangat tahan terhadap kekurangan air. Hanya dengan kelembaban udara saja dapat tumbuh. Anggrek dendrobium banyak diusahakan sebagai bunga hias dalam pot, ada juga sebagai bunga potong.
Anggrek dendrobium termasuk jenis anggrek yang rajin berbunga. Sekali berbunga bisa lebih dari dua tangkai bunga. Namun hal ini harus ditunjang dengan perawatan yang baik. Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek dendrobium sbb:
    Anggrek Dendro
    Add caption
  1. Anggrek dendrobium lebih suka cahaya matahari dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan 50 – 60%. Sehingga diperlukan naungan paranet. Dengan temperatur 28 – 32OC dan kelembaban 50%, anggrek dendrobium akan tumbuh baik.
  2. Aliran udara dalam nursery sangat diperlukan. Pembuatan ventilasi atau pemasangan kipas angin sangat diperlukan bila aliran udara dalam nursery kurang bagus.
  3. Penyiraman dapat dilakukan sehari 2 kali, pagi jam 09.00 dan sore jam 15.00. Dan bila kondisi mendung cukup disiram satu kali saja. Jangan melakukan penyiraman terlalu pagi atau terlalu sore. Hal ini akan meningkatkan kelembaban yang akan berpotensi pertumbuhan jamur. Ciri anggrek dendrobium yang cukup air batang kokoh dan padat dan bila kekurangan air batangnya kisut.
  4. Untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit, perlu disemprot insektisida dan fungisida satu minggu sekali sesuai dosis obat yang digunakan. Penyemprotan sebainya dilakukan sore hari.
  5. Untuk menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik, anggrek dendrobium perlu dilakukan pemupukan dua minggu sekali dengan pupuk yang tinggi unsur Nitrogen (N), Phospor (P) dan Kalium (K). Dan ditunjang dengan pupuk daun yang disepray. Cara pemupukannya dilarutkan dalam air dan disiramkan pada akar-akarnya.
Anggrek Dendro Hybrid
Add caption
Lima hal tersebut tidak boleh ditinggalkan, bila ingin dendrobium yang dirawat akan memberikan hasil yang baik. Satu hal yang sebenarnya sangat menunjang adala kebersihan nursery atau tempat anggrek dendrobium tersebut diletakkan. Bersihkan gulma yang ada dan genangan air. Ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi jamur maupun bakteri. Yang mana dapat merusak pertumbuhan tanaman anggrek dendrobium yang ada. Disamping itu akan menjadi sarang bekicot yang akan merusak ujung akar dan kuncup bunga.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:29

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.