Arti KVA Dan KW, Apa Perbedaannya?

Posted by

loading...
KVA adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kapasitas genset. kVA berbeda dengan kW (kilo Watt) yang biasa digunakan oleh PLN. Untuk mengukur kapasitas dalam kW, Anda dapat mengenalinya dengan 0,8.

Perbedaan utama antara faktor daya kW (kilowatt) dan kVA (kilovolt ampere). kW adalah satuan daya nyata dan kVA adalah satuan daya semu (atau daya nyata ditambah aktif power). Faktor daya, bila ingin ditentukan dan diketahui, karena itu adalah nilai perkiraan (biasanya 0,8), dan nilai kVA akan selalu lebih tinggi dari nilai kW. Sehubungan dengan generator industri dan komersial, kW ini paling sering digunakan pada generator di Amerika Serikat, dan beberapa negara lain ada yang menggunakan 60 Hz, sedangkan sebagian besar seluruh dunia biasanya menggunakan kVA sebagai nilai utama saat mereferensikan generator set.

Untuk memperluas lebih sedikit, rating kW pada dasarnya output ialah daya yang keluar yang dapat dihasilkan generator berdasarkan pada tenaga kuda (HP) dari mesin. Menentukan kW biasnya ditentukan oleh rating tenaga kuda (HP) kali mesin 0,746. Misalnya jika Anda memiliki mesin 500 tenaga kuda, maka generator anda memiliki rating kW 373. kilovolt ampere (kVA) adalah kapasitas pembangkit akhir. Generator biasanya memiliki kedua peringkat ini . Untuk menentukan kW dan kVA rasio gunakan rumus dibawah.

Perhitungan genset ada yang menggunakan KVA dengan perhitungan cos faktor yakni 1KVA = 0,8 KW atau 800 Watt. Perhitungan genset menjadi mudah, Contoh 2 KVA adalah 1.600 Watt (Bukan 2.0 KW atau 2.000 watt).
Perbandingan daya antara kW dan kVA
Genset dengan 100 kVA berarti memiliki kapasitas sebesar 80kW (atau 80.000 Watt).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:39

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.