loading...

Arti dan Maksud Sistem Koordinat Dalam Ilmu Astronomi

Posted by

loading...

Macam-macam sistem koordinat dan Penjelasannya

Sistem koordinat ada tiga macam, yaitu :
  1. Sistem Koordinat Horizon
Disebut tata koordinat horizon karena menggunakan horizon sebagai dasar untuk menentukan kedudukan benda angkasa. Tata koordinat horison hanya dapat menyatakan posisi benda langit pada satu saat tertentu, untuk saat yang berbeda tata koordinat ini tidak dapat memberikan hubungan yang mudah dengan posisi benda langit sebelumnya. Bola langit dapat dibagi menjadi dua bagian sama besar oleh satu bidang yang melalui pusat bola itu, menjadi bagian atas dan bagian bawah. Bidang itu adalah bidang horisontal yang membentuk lingkaran HORISON pada permukaan bola, dan bagian atas adalah letak benda-benda langit yang tampak, dan bagian bawahnya adalah letak dari benda-benda langit yang tidak terlihat saat itu.
b. Sistem koordinat ekuator
Disebut koordinat ekuator karena sebagian busur equator dihitung dari lingkaran pertama berlawanan dengan arah gerakan edaran harian matahari sampai dengan proyeksi benda angkasa tersebut di ekuator. Tata koordinat ekuator sering digunakan dalam astronomi. System koordinat ini dapat menyatakan letak benda langit dalam skala waktu relatif panjang. Dalam membahas tata koordinat langit, setiap benda langit selalu dipandang terproyeksi pada suatu bidang bola khayal yang digambarkan sebagai bola langit. Setiap lingkaran pada bola langit yang berpusat di pusat bola dan membagi bola menjadi dua bagian yang sama besar disebut lingkaran besar, sedangkan lingkaran lainnya disebut lingkaran kecil.
c. Sistem koordinat ekliptika

Disebut koordinat ekliptika karena lintasan edar tahunan bumi mengelilingi matahari selama satu tahun. Seandainya bumi dijadikan sebagai titik pusat sistem koordinat, maka ekliptika merupakan bidang edar yang dilalui oleh benda-benda langit seperti planet dan matahari untuk mengelilingi bumi. Dan bila matahari dijadikan sebagai titik pusat sistem koordinat, maka ekliptika merupakan bidang yang terbentuk sebagai lintasan orbit bumi yang berbentuk elips dengan matahari berada pada titik pusat elips tersebut.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:58

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.