Anggota DPR Komisi I Minta Pemerintah Tidak Reaktif dan Sporadis Blokir Media Islam

Posted by

Loading...

Anggota Komisi I DPR RI DR. Sukamta meminta pemerintah untuk bekerja secara sitematis terkait proses pemblokiran situs media Islam.

“Proses pemblokiran harus dilakukan secara sistematis, terukur dan teratur. Ini bisa diwujudkan dengan membuat peraturan-peraturan terkait pemblokiran,” terang Sukamta kepada Islampos Senin (02/01/2016).

Selanjutnya anggota Komisi 1 itu juga meminta pemerintah tidak reaktif terhadap media yang mengkritik pemerintah.

“Jangan reaktif dan sporadis apalagi melakukan tindakan selektif hanya pada media yang dianggap berseberangan atau banyak melakukan kritik kepada pemerintah,” ujar Sukamta.

Selain itu, Sukamta juga meminta pemerintah agar membuat PP tentang pemblokiran dan membentuk unit yang menangani secara khusus sesuai amanah UU ITE.

“Tanpa dibuat landasan hukum sebelum bertindak, hanya akan menimbulkan masalah baru yang tidak perlu, dan pasti akan terkesan pemerintah berlebihan dan sewenang-wenang.

Sangat penting pemerintah membuat aturan yang jelas, dengan PP, menindak lanjuti UU ITE revisi, pasal 26 ayat 5 dan pasal 40 ayat 6.

“Tanpa aturan yang mengatur kriteria yang dilarang apa saja, siapa yang berhak melarang, bagaimana prosedurnya, siapa yang menindak, pasti akan tetap terkesan pemerintah sewenang-wenang dan hanya akan dianggap anti kritik,” papar Politisi PKS itu.

Karena itu, lanjut Sukamta, di era demokrasi ini kita bermain di ruang permainan yang terang dan jelas. Yang abu-abu harus dibuat menjadi jelas.

Terkait pemblokiran ini, Sukamta menjelaskan, dalam UU ITE hasil revisi, masyarakat dan pemerintah sudah diajak untk lebih tertib, yang belum justru media online yang trendnya makin marak dan makin besar.

“Kita berharap, media online secara kolektif, bersama-sama mengembangkan diri menjadi media yang sehat, akurat dan bisa diandalkan dalam memberikan informasi yang pertumbuhannya luar biasa cepat,” ujarnya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:26

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.