loading...

Penyebab Ayam Terlambat Bertelur, Ini Cara Mengatasinya!

Posted by

Berikut beberapa faktor penyebab ayam terlambat bertelur dan cara mengatasinya antara lain :

1. Terlambat dewasa kelamin alias saluran reproduksinya belum berkembang dengan sempurna
    Cara mengatasinya adalah Beri kesempatan agar saluran reproduksinya berkembang dengan baik saat “masa perkembangannya” tersebut. Yaitu rentang waktu antara umur 13 sampai 17 minggu

2. Nutrisi pakan dan air minum

    Pada masa pullet dan saat melewati masa kritis, pemberian pakan dan air minum dianjurkan memenuhi standar breeder baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Nutrisi yang diperlukan ayam petelur sangat beragam, mulai dari protein, asam amino tertentu (methionine dan lysine), energi, lemak, dan multivitamin. Tidak terpenuhinya kebutuhan dari salah satu nutrisi tersebut akan mengurangi bobot telur dan menyebabkan tidak optimalnya puncak produksi.

3. Pencahayaan (lighting)

    Faktor pencahayaan merupakan hal penting dalam pemeliharaan ayam petelur, karena pencahayaan akan berhubungan erat dengan pencapaian bobot dan ukuran telur, serta kematangan organ reproduksi. Secara umum, ayam yang mengalami kematangan seksual terlalu dini (belum cukup umur) akan memproduksi telur berukuran kecil. Sebaliknya ketika kematangan organ reproduksi terlambat akan berakibat produksi telur mundur dan ukuran telur besar (abnormal). Kurangnya pencahayaan juga akan berakibat pada terlambatnya perkembangan organ reproduksi sehingga ayam akan mengalami keterlambatan bertelur, bahkan terlambat mencapai puncak produksi.

STRATEGI UNTUK MENCAPAI PUNCAK PRODUKSI OPTIMAL

Tercapainya puncak produksi telur dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain faktor genetik, terdapat 3 faktor penting lainnya yang ikut andil, yaitu nutrisi, manajemen pemeliharaan, dan lingkungan. Berikut adalah rumus potensi jika keempat faktor tersebut saling dihubungkan:

P = (G + N + E) x M

Keterangan:

P : potensi/produktivitas ayam

G : genetik

N : nutrisi

E : environment/lingkungan

M : manajemen

Sumber dokterunggas.com

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:31

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.