loading...

Pentingnya Nilai Palatabilitas Pakan Ternak

Posted by

loading...

loading...
loading...

APA ARTI DAN MAKSUD PALATABILITAS PADA BAHAN BAKU PAKAN TERNAK? BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN NILAI PALATABILITAS BAHAN PAKAN?

Apakah bahan baku pakan yang akan diberikan ke ternak sapi disukai atau tidak disukai, wajib hukumnya dites dulu oleh formulatornya. Kalau formulatornya merasakan enak, bisa dipastikan ternak sapi juga akan suka (palatable).

Misal, batang rumput Gajah, sama sekali tidak ada rasanya. Makanya sapi tidak mau memakannya. Masih mending batang rumput Odot, ada rasa manis sedikit.

Untuk meningkatkan palatabilitasnya, makanya perlu di-chopper lebih lembut ukurannya dan kemudian difermentasi. Maka hasilnya batang rumput Gajah pun rasanya akan menjadi manis. Sekaligus menekan jumlah sisa pakan dari rumput yang harus dibuang. ZERO WASTE.

Salah satu bahan baku konsentrat ternak sapi yang rasanya paling enak dan gurih adalah bungkil kelapa nyiur (kopra). Jadi, seyogyanya gunakan kopra untuk membantu palatabilitas konsentrat. Tapi pakainya jangan melebihi batas maksimum 5%. Karena ada kelemahannya juga, menjadi tengik bila disimpan terlalu lama, >1 minggu, bila penggunaannya melebihi batas.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:51

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.