loading...

Faktor Penting Dalam Membuat Kandang Yang Ideal

Posted by

loading...

loading...
loading...

SUDAH IDEALKAH KANDANG AYAM ANDA ?

KANDANG YG TIDAK IDEAL BERPOTENSI MENGURANGI KEUNTUNGAN PETERNAK !!

Membangun kandang hendaknya berdasarkan kenyamanan buat ayam, berikanlah kandang yang ideal buat ayam. Kandang yang tidak ideal justru berpotensi mengurangi keuntungan peternak.

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat akan membangun kandang broiler termasuk perlengkapannya. Perlu kita samakan dulu persepsi di antara kita, bahwa kandang yang akan kita bicarakan adalah kandang dalam konsep INDUSTRI PERUNGGASAN bukan sekedar kandang untuk pelihara ayam dalam satuan yang dapat dihitung dengan jari.

Perhitungan ekonomi selalu lebih dulu menjadi bahan pertimbangan, misalnya bahan-bahan yang tersedia, biaya perawatan setelah dibangun, dan umur bangunan juga menjadi pertimbangan yang penting.

Ketika akan merancang dan membangun kandang untuk ayam broiler, hal yang harus dipertimbangkan pertama adalah ketersediaan air dan ketersediaan udara segar yang baik di lahan yang akan dibangun. Perlu dipertimbangkan ulang bila lahan yang Anda miliki ternyata sulit mendapatkan air ataupun ventilasi yang tidak maksimal karena terhalang oleh tebing atau bangunan fisik lainnya yang lebih tinggi.

Orientasi kandang sedapat mungkin melintang timur-barat untuk mengurangi jumlah cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam kandang ataupun sinar matahari yang memanasi sisi samping bangunan kandang (tirai) khususnya pada jam-jam suhu terpanas dalam sehari. Tujuan utama dari konsep ini adalah sedapat mungkin untuk menurunkan fluktuasi antara suhu panas dan suhu dingin dalam 24 jam. Suhu yang nyaman bagi kebutuhan ayam akan mempertinggi efektifitas konversi pakan dan pertumbuhan ayam broiler.

Atap kandang juga harus memiliki permukaan reflektif di bagian atasnya untuk membantu menurunkan konduksi panas dari sinar matahari dan juga atap harus terinsulasi agar panas dari atap kandang tidak mempengaruhi suhu di dalam kandang. Selain itu sedapat mungkin agar pantulan sinar matahari dari tanah atau bangunan di sekitar kandang tidak masuk ke dalam kandang karena pantulan sinar matahari ini masih mengandung UV (ultra violet) yang ternyata juga mempengaruhi suhu didalam kandang. Oleh karena itu beberapa pengusahan perunggasan sudah menggunakan bionet untuk mengurangi intensitas UV ini.

Sistem pemanasan juga perlu ditata sedemikian rupa agar pada masa brooding tidak mengalami kendala, khususnya pada kondisi suhu luar yang sedang dingin. Selain itu, system ventilasi harus juga disediakan untuk membantu penyediaan oksigen dan mempertahankan kondisi temperature yang optimum untuk ayam. Penataan lampu untuk program pencahayaan harus ditata agar distribusi cahaya merata hingga lantai kandang. Sedapat mungkin perlu disediakan timer otomatis untuk memudahkan pelaksanaan program pencahayaan.

Hal-hal di atas merupakan faktor essensial yang harus kita perhatikan sejak awal. Kesalahan sejak awal pembangunan kandang akan menjadi bahaya laten yang secara tidak sadar akan menggerogoti potensi keuntungan kita sebagai pengusaha perunggasan. Percaya atau tidak percaya silahkan dibuktikan.

Efektif atau tidaknya kandang bukan dilihat dari elitnya atau tingginya investasi yang Anda keluarkan, tetapi lebih pada efektif atau tidaknya kandang tersebut dalam menyediakan suasana yang nyaman sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ayam. Oleh karena itu pahami dulu apa yang dibutuhkan oleh ayam selanjutnya konsultasikan kepada Polutry Technical Advisor dan akhirnya kontaktor Anda siap membangun kandang.

Sudah Ideal kah Kandang Yang Anda Bangun Sekarang?

Salam Sukses !
Sumber : DokterUnggas.com
Portal Informasi Dunia Unggas Terkini

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:09

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.