loading...

Parade Bhinneka Tunggal Ika dan Hari Toilet Sedunia, Kok Bisa Bareng Ya?

Posted by

Ternyata Tanggal 19 November (19/11) yang dipilih Panitia Parade Bhinneka Tunggal Ika Bersamaan dengan Peringatan Hari Toilet (Jamban, WC) Sedunia

Parade BTI (foto liputan6.com)
Parade BTI 19/11

Foto Peserta Parade Bhinneka Tunggal Ika yang berdatangan di kawasan Medan Merdeka Selatan, tepatnya Silang Monas, depan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda, sabtu(19/11/2016). Dari peserta yang datang, nampaknya jumlah peserta masih sangat jauh dari target panitia yang akan mendatangkan 100 ribu peserta. Nampak terlihat panggung kecil lengkap dengan alat musik telah didirikan. Tidak hanya itu, beberapa tenda juga didirikan salah satunya tenda bertuliskan Medis. Parade ini dimulai dari Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat menuju titik inti acara di Bundaran Hotel Indonesia. Acara dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 siang.
Ada yang bikin geli adalah bahwa pemilihan hari parade Bhinneka Tunggal Ika kok ya tepat saat PBB memperingati hari Toilet sedunia. Dan banyak pihak mensinyalir kalau parade BTI ini adalah demo dukungan untuk ahok yang sudah banyak diketahui juga suka mengeluarkan kata-kata kotor saat marah-marah (nama-nama isi toilet disebut). Yakinlah bahwa tidak ada yang kebetulan didunia ini.


Hari Toilet (Jamban/WC) Sedunia 19/11
 
PBB juga menekankan bahwa persoalan sanitasi adalah salah satu prioritas pembangunan berkelanjutan global yang diluncurkan pada 2015. PBB menargetkan pada tahun 2030 nanti, atau 14 tahun lagi, semua manusia telah memiliki akses yang memadai terhadap toilet.
Jangan anggap sepele Hari Toilet Sedunia 19 November 2016. Ada pekerjaan besar bagi kita yang mampu untuk membantu saudara-saudara kita yang tidak memiliki akses maksimal dan mausiawi terhadap toilet.
"Toilet memainkan peranan yang penting dalam menciptakan ekonomi yang kuat, juga meningkatkan kesehatan dan melindungi keamanan serta harga diri manusia, terutama bagi kaum perempuan," tulis PBB lagi.

Ada beberapa data yang perlu diperhatikan terkait dengan Hari Toilet Sedunia 19 November 2016.

Pertama, seperti telah disebutkan sebelumnya, 2,4 miliar penduduk bumi tidak memiliki sanitasi yang memadai. Ini data Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF tahun 2015.

Lalu, masih menurut WHO dan UNICEF, satu dari 10 manusia di muka bumi tidak punya pilihan selain membuang kotoran mereka di tempat terbuka.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah, penyakit disentri akibat sanitasi yang parah dan air yang tidak aman membunuh 315 ribu anak-anak setiap tahun. Ini data dari WAS-Hwatch tahun 2016.

Penularan penyakit di tempat kerja, Menurut Organisasi Tenaga Kerja Dunia (ILO) tahun 2003, umumnya diakibatkan oleh sanitasi dan kebersihan yang kurang. Ini menyebabkan kematian di tempat kerja sebesar 17 persen.

Studi yang dilakukan Hutton pada tahun 2012 menyebutkan penurunan produktivitas karena penyakit yang diakibatkan sanitasi dan kebersihan yang tidak baik membebani banyak negara hingga 5 persen dari GDP.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:12

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.