loading...

9 Jenis dan Macam Ikan Koi Dengan Pola Warna Yang Indah

Posted by

Macam dan Jenis-jenis Ikan Koi

Jenis ikan koi sebenarnya banyak sekali, puluhan jenis yang dikenal saat ini atau mungkin lebih. Dalam pembiakan ikan koi akan muncul sebagian kecil yang dimasukkan dalam kualitas terbaik karena motif dan warnanya yang bagus tetapi sebagian besar yang motifnya tidak teratur akan dianggap sebagai koi afkir yang akan dijual sebagai ikan hias murah atau bahkan dijual sebagai pakan buat ikan lain seperti untuk pakan ikan arowana.


Memang dalam satu kali penetasan akan ada ratusan anakan ikan koi tetapi mungkin yang bisa terseleksi sebagai koi berkelas dan berharga mahal hanya sekitar 10% yang pada ukuran tertentu atau setelah besar/jumbo bisa berharga jutaan. Sedangkan sisa koi lainnya hanya akan dijual seharga 20 - 30 ribu rupiah pada ukuran sekitar 20 - 25 cm. Pada ukuran sampai 40 - 45 cm biasanya hanya diharga antara Rp 150.000 - Rp 200.000 untuk ikan koi dengan kualitas standar.

Berikut beberapa jenis ikan Koi yang merupakan koi unggulan karena kelebihan masing-masing, mulai dari warnanya yang putih bersih sampai motif dan pola warnanya yang indah dan berimbang.

Jenis Ikan Koi Matsuba


blueridgekoi.com

Matsuba memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, Ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka Matsuba memiliki warna dasar merah. Namun, semua ikan koi Matsuba memiliki pola jaring di punggungnya yang berwarna biru.

Jenis Ikan Koi Orgon Platinum


blueridgekoi.com

Orgon Platinum atau sering juga disebut dengan Orgon Purachina memiliki warna putih tanpa terdapat kombinasi warna lainnya dan warna putih jernih di bagian kepala ikan menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi ikan koi Orgon Platinum adalah Orgon Platinum Gin Rin dan Orgon Platinum Doitsu.

Jenis Ikan Koi Showa Sanshoku


blueridgekoi.com

Showa Sanshoku, lebih dikenal dengan nama Showa, merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan warna hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tersebut jika kita belum mengetahui secara detail mengenai kedua jenis ikan koi tersebut.

Hal yang membedakan antara ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke adalah pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa memiliki pola warna hitam disepanjang tubuh, sedangkan Sanke hanya terdapat diatas tubuh, dan lebih penting untuk dapat membedakan antara keduanya adalah Showa memiliki pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak.


Variasi ikan Showa antara lain adalah Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.

Macam Ikan Koi Tancho


blueridgekoi.com

Tancho merupakan jenis ikan koi yang paling populer di kalangan para pecinta ikan koi, bahkan kepopuleran Tancho mengalahkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri dan penempatan pola warna merah di kepalanya menentukan kualitas ikan ini.

Variasi dari Tancho ini adalah Tancho Gin Rin, Tancho Rin, dan Doitsu Tancho.

Macam Ikan Koi Shiro Utsuri


blueridgekoi.com

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan harus berwarna hitam dan putih.

Variasi ikan koi Shiro Utsuri ini antara lain: Shiro Utsuri Gin Rin, Shiro Utsuri Gin, dan Shiro Utsuri Doitsu.

Jenis Ikan Koi Hi Utsuri


blueridgekoi.com

Hi Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Variasi dari Hi Utsuri antara lain: Hi Utsuri Gin Rin dan Hi Utsuri Doitsu.

Macam Ikan Koi Ki Utsuri


blueridgekoi.com

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka. Jenis ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dengan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kreteria dengan Shiro dan Hi Utsuri.

Variasi dari Ki utsuri adalah Ki Utsuri Gin Rin dan Ki Utsuri Kin.

Jenis Ikan Koi Asagi


blueridgekoi.com

Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atasnya. Di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola warna merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan.

Variasi ikan Asogi antara lain: Asagi Gin Rin dan Hi Asagi.

Jenis Ikan Koi Shusui


blueridgekoi.com

Shusui merupakan ikan koi yang memiliki kombinasi warna seperti Asagi. Hal yang membedakan adalah pola yang terdapat di bagian atas ikan. Ikan Asagi memiliki pola seperti jaring berwana biru, sedangkan Shusui memilikipola garis di sepanjang punggung ikan. Dibagian perut, insang, dan sirip Shusui tidak terdapat perbedaan yakni terdapat pola warna merah atau orange.

Variasi dari Shusui termasuk Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:18

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.