loading...

Teknik Mengeringkan Makanan Dengan Vacuum Freeze

Posted by

Tidak hanya bumbu dapur yang bisa dikeringkan. Buah hingga daging ayam juga bisa dikeringkan memakai teknik vacuum freeze.

Bahan baku kering juga bisa ditemui di Food Ingredients Asia 2016. Salah satunya dari R&B Food. Perusahaan Thailand ini baru saja membuka PT RBFood Supply Indonesia yang mengimpor dari negara asalnya.

"Semua produk rempah kami dari Thailand. Kami impor dengan berbagai sistem pengeringannya. Ada spray dried, freeze dried. Ini bahkan bisa diaplikasikan ke produk di Indonesia. Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang kami suplai untuk bahan bakunya," ujar Budi Prayitno, Asst. General Manager PT RBFood Supply Indonesia kepada Detikfood (21/09).

Untuk pengeringan dengan udara (air dried), R&B Food menawarkan pilihan sayuran, biji-bijian, herba dan rempah. Berbentuk utuh, flake, irisan, potongan dadu, atau bubuk. Ini bisa disesuaikan kebutuhan pembeli.

Pilihannya seperti brokoli, ubi, tomat, paprika, wijen, biji bunga matahari, ketumbar, holy basil dan lainnya. Terdapat juga seasoning mix antara lain varian Rotisseries Chicken, Montreal Steak, Fajitas dan Italian Herb Spices. Teknik air dried memang kebanyakan untuk bumbu masakan.

Selain air dried, ada juga produk dengan teknik pengeringan vacuum freeze.

"Pada freeze dried, disemprotkan udara yang sangat dingin dengan suhu tertentu. Kelebihannya dari air dried biasa, seperti buah-buahan dengan freeze dried itu rasa, tekstur dan aroma bisa dipertahankan dalam proses pengeringan tersebut. Jadi kualitas hasilnya akan lebih bagus," jelas Budi.

Ia menyebut freeze dried paling cocok untuk buah-buahan. Misalnya mangga, durian, pisang, buah naga hingga manggis. Produk ini umumnya untuk camilan.

Tak hanya itu, R&B Food juga menyediakan daging kering yang memakai pengeringan vacuum freeze. Ada daging ayam, daging sapi, ataupun udang. Menurut Budi, freeze dried ini biasa digunakan untuk mie instan.

Sementara spray dried hampir sama dengan freeze dried. Hanya saja tidak menggunakan udara yang dingin. Produk kering yang memakai spray dried juga beragam. Kuning telur, lengkuas dan jahe termasuk diantaranya.

"Semua bentuknya jadi bubuk yang sangat kecil dan biasanya langsung larut di air. Ini biasa untuk seasoning," Budi menambahkan.

Terkait daya tahan produk, masa simpannya sekitar 6 bulan. Namun ini kembali lagi pada cara penyimpanannya.

Disamping produk kering tersebut, R&B Food punya produk utama food coating. Seperti tepung ayam goreng, tempura, breadcrumb. Ada juga flavor dan fragrance.

"Saat ini pasar kami untuk industri. Untuk ritel mungkin tahun depan kami akan mulai," pungkas Budi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:24

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.