loading...

Waspadai Ancaman Hama Padi Saat Musim Kemarau Basah Seperti Tahun Ini

Posted by

Musim Kemarau Tahun Ini Menurut BMKG Adalah Musim Kemarau Basah, Apa Saja Efek Negatifnya Terhadap Tanaman Padi?

Musim kemarau basah memberikan ancaman biotik dan abiotik pada tanaman padi. Menurut Dudy Kristyanto, Marketing Manager PT Bina Guna Kimia, ancaman abiotik berkaitan dengan aktivitas La Nina, seperti adanya genangan air hingga banjir. Sedangkan ancaman biotik berupa tekanan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Bagaimana agar padi tumbuh optimal?

Beragam OPT

La Nina membentuk cuaca yang panas dan lembap. Dudy menjelaskan, kondisi lembap bisa terjadi karena basah akibat hujan, jarak tanam terlalu rapat, dan pemupukan berlebih. Akibatnya, penyakit seperti wereng, blas, busuk pelepah, hawar daun bakteri, dan bercak daun bergaris mudah mengancam. Jika tidak ditangani secara optimal, ancaman biotik ini akan muncul.

Blas misalnya, mudah muncul dalam saat panas dan hujan bergantian. Cendawan Pyricularia oryzae penyebab blas menyerang mulai dari benih dan perlahan-lahan menyebar ke daun. Bentuknya mulai dari titik hitam keunguan kemudian membesar membentuk segi empat dan terus berkembang menuju malai. Petani menyebutnya patah leher. Artinya, pengisian malai diblok cendawan.

Kerugian yang bisa dialami petani karena blas bisa 100% atau tidak panen atau puso. Setelah pindah tanam, sambung Dudy, kondisi lembap atau banyak angin bisa menimbulkan hawar daun bakteri alias kresek yang disebabkan Xanthomonas oryzae pv oryzae. Terjadinya mulai dari fase pembentukan anakan, sekitar umur 15-20 hari setelah tanam (HST) hingga fase pembentukan daun bendera. “Ini terutama untuk daerah hamparan. Dengan bantuan kelembapan dan angin, kresek sangat mudah menyebar, menyebabkan kerugian hingga 70%,” jelasnya.

Jadi dengan adanya ancaman hama padi saat musim kemarau basah, petani bisa lebih dini untuk menyiapkan tindakan  antisipastif agar tanaman padinya bisa aman dari hama yang mungkin akan muncul saat kemarau basah.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:53

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.