loading...

Tips dan Syarat Membuat Kandang Sapi Potong dan Perah Yang Baik

Posted by



Menurut Mulyadi dan Marsandi (2007), beberapa persyaratan yang diperlukan dalam mendirikan kandang antara lain:
(1) memenuhi persyaratan kesehatan ternaknya,
(2) mempunyai ventilasi yang baik,
(3) efisiensi dalam pengelolaan
(4) melindungi ternak dari pengaruh iklim dan keamanan kecurian
(5) serta tidak berdampak terhadap lingkungan sekitarnya.

Konstruksi kandang harus kuat dan tahan lama, penataan dan perlengkapan kandang kandang hendaknya dapat memberikan kenyamaman kerja bagi petugas dalam dalam proses produksi seperti memberi pakan, pembersihan, pemeriksaan birahi dan penanganan kesehatan. Berdasarkan literatur yang ada, bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang telah sesuai karena semen merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang dengan konstruksi kuat dan tahan lama.


Cahaya matahari diusahakan dapat masuk ke dalam kandang sebanyak-banyaknya, lebih-lebih cahaya matahari pagi musuh terbesar dari segala macam kuman-kuman, dan pada pagi hari (saat cuaca baik) sebaiknya sapi dilepas diluar kandang karena sinar matahari pagi baik untuk kesehatan sapi (Soetarno, 2003).

Pertukaran udara di kandang perlu dijaga agar pertukaran udara di kandang sempurna. Kandang sapi perah di daerah tropis sebaiknya terbuka (tidak berdinding) kecuali di daerah pegunungan yang udaranya dingin atau anginnya kencang, kandang sebaiknya tertutup (berdinding), tetapi dapat dibuka pada siang hari agar sirkulasi udara dapat dijaga (Soetarno, 2003). Berdasarkan literatur yang ada, arah kandang ketiga peternakan telah sesuai karena telah menghadap utara dan selatan yang membuat cahaya matahari dapat masuk sebanyak-banyaknya.

Bentuk dan model atap kandang hendaknya menghasilkan sirkulasi udara yang baik di dalam kandang, sehingga kondisi lingkungan dalam kandang memberikan kenyamanan ternak. Berdasarkan bentuk atap kandang, beberapa model atap yaitu atap monitor, semi monitor, gable dan shade. Model atap untuk daerah dataran tinggi hendaknya menggunakan shade atau gable, sedangkan untuk dataran rendah adalah monitor atau semi monitor (Mulyadi dan Marsandi 2007).






Add caption


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:37

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.