loading...

Pekerja Pabrik Rokok Modern Adalah Mesin Bukan Manusia, Mau Dibela?

Posted by

Heboh kenaikkan cukai rokok yang kemungkinan bisa membuat harga rokok menjadi 50 ribu per bungkus menuai pro dan kontra. Para perokok yang tidak terima jika kesenangannya merokok terganggu karena harga naik rokok mulai teriak-teriak pemerintah tidak pro buruh pabrik rokok yang kemungkinan bisa dipecat jika harga rokok naik. Tahukah anda bahwa rokok modern seperti rokok putih berfilter bukan dibuat oleh buruh manusia tetapi dikerjakan oleh mesin rokok yang bisa berproduksi hingga 4 juta batang perhari? Sebenarnya siapa yang dibela perokok? Dirinya sendiri atau mesin pabrik rokok? he...he..he jangan marah wahai para perokok, ini sekedar upaya saling mengingatkan.

Karena kaum perokok memiliki rasa sosial solidaritas yang tinggi, biasanya yang dibela adalah nasib para buruh rokok jika sampai ada fatwa rokok itu haram. Bagaimana nasib buruh pabrik rokok?.



Ada semacam doktrin bahwa rokok di Indonesia dibuat dengan cara manual seperti foto di atas. Jadi seakan-akan Industri Rokok di Indonesia menyerap banyak tenaga kerja. Kuno sekali pabrik rokok di Indonesia padahal foto diatas adalah produksi rokok kretek, bukan rokok putih yang sekarang menguasai perokok.

Padahal faktanya, karena upah buruh naik, biaya cukai juga naik dan masuknya pemodal asing. Serta ditambah angka bahwa perokok semakin banyak yang bengek dan membuat rokok kretek kurang laku.



Sekarang rokok di Indonesia dibuat dengan mesin robot yang hampir tidak perlu buruh. Terutama rokok putih dan mild yang sekarang merajai pasar karena memang menyasar para ABG yang masih belajar merokok. Sebuah mesin pembuat rokok bisa menghasil 4.000.000 (empat juga) batang rokok perhari.

Bagaimana dengan pemecatan buruh pabrik rokok? Buruh pabrik rokok sudah lama mengalami pemecatan secara bertahap sejak pabrik-pabrik rokok menerapkan penggunaan mesin atau mekanisasi pabrik rokoknya. Sampoerna saja sudah memecat lebih dari 4000 karyawan buruh pabriknya. Belum lagi perusahaan seperti bentoel dan gudang garam, silahkan anda googling berapa karyawan buruh pabrik rokok mereka yang sudah dipecat. Masihkah anda akan membela pabrik rokok? Atau membela kesenangan anda sendiri terhadap rokok? he..he..he tidak perlu dijawab.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:29

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.