loading...

Mewaspadai Penyakit Brucelosis Penyebab Keguguran Pada Ternak

Posted by

Bakteri Brucella abortus salah satu Jenis Bakteri Penyebab Brucelosis

Brucelosis yang di sebabkan oleh Brucella abortus ditengarai masih eksis Jawa Timur, sebagian wilayah Jawa Barat, NTB, dan Sulawesi Selatan.


Hal itu dinyatakan oleh Susan M Noor - peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner (BPPV) pada Seminar Bulanan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Bogor yang digelar Kamis (28/7).

Susan M Noor menjelaskan brucellosis yang disebabkan oleh bakteri Brucella abortus telah menginfeksi beberapa wilayah di Indonesia di antaranya Jawa Timur, sebagian wilayah Jawa Barat, NTB, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan Pulau Sumatra, sebagian wilayah Jawa, sebagian pulau Sulawesi dan Papua telah dinyatakan bebas dari penyakit yang dapat menyebabkan keguguran pada induk ternak bunting ini.

“Sampai saat ini terdapat beberapa jenis brucella yaitu abortus, melitensis, suis, ovis, canis dan neotonae, yang dapat menginfeksi hewan sapi, bison, kambing, babi, domba, anjing, dan tikus,” papar Susan sebagaimana disiarkan oleh Puslitbangnak.


Seminar bulanan itu juga membahas materi Manajemen Pemeliharaan Sapi Wagyu di Washington State University oleh Wisri Puastuti – peneliti Balai Penelitian Ternak.


Dia menyampaikan tingkat kesadaran hidup sehat masyarakat sudah meningkat sehingga dibutuhkan konsumsi daging yang berkualitas. “Daging sapi wagyu merupakan salah satu daging yang mempunyai cita rasa tinggi dan sehat karena memiliki pemarmeran (marbling) tinggi yang tidak mengandung lemak jenuh yang besar,” ungkap Wisri.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:54

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.