loading...

Inilah Makna Cerdas yang Sesungguhnya, Ingat Mati!

Posted by

Siapakah Manusia Paling Cerdas di Dunia ini?

TOLOK UKUR KECERDASAN SPIRITUAL

Dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abdullah bin Abbas ra,

“Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang memperhatikan wajah manusia, didapati orang tersebut sedang bergelak tawa. Maka berkata Izrail, ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah SWT untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak tawa.”
          

Ibnu Umar ra. berkata,
“Aku datang menemui Nabi SAW. bersama sepuluh orang, lalu salah seorang dari kaum Anshar bertanya, ‘Siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, “ Orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya. Mereka itulah orang-orang cerdas. Mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kemuliaan akhirat ”.
(HR. Ibnu Majah).

Mengapa banyak mengingat mati bisa dikatakan cerdas ...?

Karena dengan sering mengingat mati merupakan cermin dari kesadaran bahwa hidup ini teramat singkat untuk dibuat main main, hidup ini terlalu singkat jika kita sampai terlambat dan tdk menyadari terbatasnya waktu dlm mempersiapkan kehidupan yg sebenarnya di akherat kelak...

Kesadaran yg mendalam ttg terbatasnya waktu hidup kita didunia ini akan melahirkan semangat tak kenal lelah dlm mempersiapkan bekal setelah kematian nanti..

Pandangan thd dunia dan isinya menjadi Zuhud, semangat beramal sholeh dan menuntut ilmu menjadi tak pernah  padam dan cenderung menjadi khusyu' dlm beribadah, serta akan menjadi lbh fokus dlm melakukan aktifitas apapun dg orientasi keselamatan di kehidupan akhirat kelak.

Hati akan memaksa tubuh bangun di akhir malam tatkala teringat siksa kubur dan Kebengisan malaikat di dalamnya...

Jiwa akan menjadi tunduk dan khusuk tatkala teringat penantian jutaan tahun dengan panas yg menyengat menunggu pengadilan di padang makhsar...

Tangan dan kaki akan lebih terarah tatkala teringat bahwa mrk adalah saksi saksi atas dosa dan keburukan kita...

Dan hati akan terdorong menjadi ikhlas tatkala teringat jeritan dan lolongan memilukan dalam siksa abadi tanpa berkesudahan....

SESUNGGUHNYA lamanya Hidup di dunia ini seperti musafir yang sejenak berteduh dibawah pohon melepas penat sebelum melanjutkan perjalanan.

*Wallahu A'lam Bishawab*

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:17

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.