loading...

Antara Gloria dan Arcandra, Serupa Tapi Tak Sama

Posted by

Kasus Menteri ESDM Arcandra Tahar

Setelah terbukti memiliki paspor as yang berarti dia bukan wni lagi, arcandra resmi diberhentikan dari jabatan menteri esdm ole presiden jokowi. Sayangnya pemberhentian tersebut melalui jalan yang berliku dan alasan resmi arcandra diberhentikan juga tidak disebutkan secara jelas oleh pemerintah.

Jika menilik kasus paspor atau dokumen keimigrasian yang tidak valid sebenarnya hal ini juga pernah membuat ust. Abu bakar baashir dipidana gara gara dokumen keimigrasian. Bisakah kasus arcandra masuk ranah pidana juga karena telah melakukan pembohongan publik dengan dwi kewarganegaraannya? Kita lihat saja perkembangan kasusnya.

Kasus Gloria

Setali tiga uang dengan kasus arcandra, kecolongan juga terjadi di seleksi paskibraka dimana seorang yang lolos seleksi ternyata berkewarganegaraan perancis. Tetapi tentunya kasus ini jauh lebih sepele meskipun sama sama menunjukkan kecerobohan.

Menkum HAM Yasonna Laoly menutup kesempatan Gloria Natapradja Hamel untuk menjadi Paskibraka di Istana esok hari. Dia menegaskan, Gloria adalah WN Prancis, sementara Paskibraka harus WNI.

Yasonna menjelaskan, Gloria sebenarnya berhak memperoleh dwi kewarganegaraan, namun dia lahir sebelum UU Kewarganegaraan tahun 2006. Oleh sebab itu, orangtua Gloria seharusnya mendaftarkan maksimal 4 tahun setelah kelahiran.

"Itu dilewati sehingga dia kehilangan kesempatan memperoleh dwi kewarganegaraan. Jadi sudah jelas dia WN Prancis," ujar Yasonna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2016).

Pintu untuk Gloria menjadi paskibraka tertutup. Itu karena aturan dari Kemenpora bahwa Paskibraka harus WNI.

"Menurut keputusan Menpora, yang ikut Paskibraka haruslah WNI," ujarnya.

Sebelumnya, menpora Imam Nahrawi menyebut Peluang Gloria Natapradja bergabung dengan Paskibraka Istana sudah tertutup. Gloria diundang dalam upacara HUT RI, namun tidak berada di barisan Paskibraka.

"Saya kira tidak ada kesempatan untuk Gloria ke Istana besok," kata Imam saat ditemui usai sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:41

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.