loading...

Ternyata Minuman Manis Bisa Picu Kanker Empedu Jika Berlebihan

Posted by

Menurut Susanna Larsson, penulis utama studi dari Karolinska Institute, Swedia, minuman manis seperti soda memiliki hubungan dengan gula darah dan kenaikan berat badan. Dalam studi ini, peneliti ingin mengetahui efek konsumsi minuman manis terhadap penyakit kanker.

Peneliti melakukan alisis hasil survei kebiasaan makan dan minum yang melibatkan lebih dari 70.000 orang dewasa. Kemudian, peneliti melakukan observasi selama 13 tahun untuk melihat hasil diagnosis kanker partisipan. "Sebanyak 150 orang mengidap kanker saluran dan kandung empedu pada saat penelitian," tutur Larsson, dikutip dari Fox News.

"Dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi minuman manis, orang yang mengonsumsi dua atau lebih jus dan soda, termasuk soda diet memiliki dua kali risiko lebih besar terserang tumor kandung empedu. Dan 79 persen orang berisiko lebih tinggi terkena kanker saluran empedu," sambung Larsson.

Pada awal penelitian di tahun 1997, partisipan mengisi kuesioner mengenai berapa banyak soda dan jus yang mereka konsumsi seminggu sebelum surevi lalu berapa banyak soda dan jus yang mereka konsumsi di tahun sebelumnya. Hasilnya, setengah dari mereka mengalami kelebihan berat badan dan sekitar 25 persen saat ini adalah perokok.

Larsson menjabarkan bahwa orang yang mengonsumsi dua atau lebih minuman manis kemungkinan mengalami kelebihan berat badan. Selain itu, mereka juga cenderung mengonsumsi makanan diet tinggi kalori dengan tambahan gula, karbohidrat, namun kurang asupan protein dan lemak.

Menurut dr Margo Danke, mantan peneliti di University of Texas Southwestern Medical School, yang tidak terlibat dalam studi, memang penelitian ini memiliki banyak kekurangan data seperti perubahan waktu konsumsi dan seringnya mengonsumsi minuman manis. Namun, ia mengatakan hasil penelitian tetap menunjukkan bahwa ada hubungan lebih besar antara risiko kanker saluran dan kandung empedu dengan konsumsi soda dan jus.

"Alasan hubungan minuman ringan dan tumor yang mungkin belum jelas adalah tanda untuk terus melakukan penelitian lebih lanjut. Namun kunci dari bebas kanker adalah gaya hidup yang sehat seperti minum air putih untuk memuaskan dahaga agar tetap fit dan sehat" ucap dr Igor Astsaturov, ahli onkologi di FOc Chase Cancer Center, Philadelphia, yang tidak terlibat dalam studi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:37

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.