loading...

Panduan Singkat Cara Bertanam Kelapa Sawit

Posted by

Jenis Komoditi Perkebunan Yang Menjadi Idola Pengembangan Lahan, Kelapa Sawit

Petunjuk Teknis Penanaman (Budidaya) Kelapa Sawit

Pemilihan Benih dan Pembibitan Kelapa Sawit


Setelah mendapatkan benih kelapa sawit dengan kualitas yang baik, pembibitan harus dilakukan di lahan datar dan tidak jauh dari sumber air. Sebagai tips ntuk mempermudah penanaman kelak, ada baiknya lokasi pembibitan terletak di tengah areal yang akan ditanami kelapa sawit. Lahan pembibitan harus bersih dari gulma dan dilengkapi dengan alat penyiraman, jalan, dan drainase.

Teknik Pembibitan

Pekebun bisa menggunakan dua teknik budidaya pembibitan yakni dengan cara langsung di polibag tanpa proses dederan dan dengan cara tidak langsung yang meliputi dua tahap berupa tiga bulan tahap pembibitan awal atau dederan dan sembilan bulan tahap pembibitan utama. Selama proses pembibitan, bibit perlu disiram dua kali sehari, dipupuk, dan diseleksi untuk mendapatkan bibit yang mampu tumbuh optimal di lahan tanam.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Petani boleh saja menerapkan teknik menanam kelapa sawit tingkat tinggi yang melibatkan berbagai teknologi maju, tetapi teknik tersebut tidak akan membawa hasil yang optimal selama syarat tumbuh optimal tanaman kelapa sawit tidak dipenuhi. Kelapa sawit sangat cocok ditanam di daerah tropis dengan curah hujan rata-rata 1.500-3.00 mm per tahun. Kelapa sawit akan tumbuh optimal di dataran rendah dengan ketinggian 200-400 meter di atas permukaan laut.

Kelapa sawit akan tumbuh dengan baik apabila lama penyinaran langsung matahari 1-7 jam setiap harinya. Buah kelapa sawit yang dihasilkan akan jauh lebih optimal saat tanaman tersebut tumbuh di daerah dengan suhu rata-rata 25-27 derajat Celcius. Tanaman kelapa sawit menuntut tanah yang gembur, subur, dan mempunyai drainase baik untuk tumbuh optimal dengan pH tanah 4,0-6,5.

Persiapan Lahan Tanam

Persiapan lahan sangat tergantung pada area perkebunan yang akan ditanami. Ada beberapa jenis area yang akan menjadi lokasi ideal penanaman kelapa sawit seperti bukaan baru pada area hutan primer dan sekunder atau area yang ditumbuhi ilalang maupun semak belukar. Selain itu, ada pula lahan konversi yang merupakan lahan yang pernah digunakan sebelumnya untuk perkebunan tanaman jenis lain. Lahan bukaan ulang merupakan lahan tanam kelapa sawit yang sebelumnya ditanami kelapa sawit.

Tahap Pembukaan Lahan Mekanis

Jika lahan sebelumnya berupa hutan atau area koversi dengan pohon yang tumbuh menjulang, pembukaan lahan secara mekanis perlu dilakukan yang diawali dengan pembabatan pendahuluan, penumbangan, perencekan, penumpukan, dan pembakaran pohon.

Penanaman Kelapa Sawit

Ada beberapa tahap persiapan penanaman yang sangat penting dan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi buah kelapa sawit itu sendiri. Pengajiran merupakan tahap yang sangat penting untuk menentukan jarak tanam antar pohon. Pengajiran dilakukan dengan sistem jarak tanam segitiga sama sisi berukuran 9 x 9 x 9 meter dengan populasi 143 pohon setiap hektarnya. Selain itu, pekebun juga bisa menerapkan jarak 9,5 x 9,5 x 9,5 meter dengan populasi per hektar sekitar 128 pohon.

Pembuatan lubang pohon bisa dilakukan beberapa minggu sebelum penanaman bibit dengan ukuran 60 x 60 x 60 meter atau 50 x 40 x 40 meter sesuai dengan titik tanam yang ditentukan lewat pengajiran. Barulah bibit bisa ditanam sesuai waktu yang ditentukan. Umumnya cara menanam kelapa sawit akan diikuti dengan penanaman tanaman penutup tanah antara pohon berupa tanaman kacangan untuk mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman kelapa sawit.

Pengendalian Gulma dan Pemupukan

Pengendalian gulma merupakan bagian cara tanam kelapa sawit yang sangat penting karena gulma akan sangat mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit. Gulma bisa dikendalikan secara manual, kimia, dan kultur teknis. Pemupukan juga merupakan proses yang penting dengan jenis dan jumlah yang sesuai dengan ukuran dan diberikan sesuai dengan jadwal.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.