loading...

Mengapa Dirjen Peternakan Muladno Diberhentikan? Apakah Terkait Harga Daging?

Posted by

Mungkinkah Hiruk Pikuk Harga Daging Sapi Mahal  Yang Memakan Korban Dirjen Peternakan Karena Dianggap Gagal Menekan Harga Daging Jelang Lebaran?

Dirjen Peternakan diberhentikan oleh Menpan Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberhentikan Direktur ‎Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno Basar. Pemberhentian tersebut mulai berlaku efektif tiga hari lalu atau pada 12 Juli 2016.

Saat dikonfirmasi, Muladno membenarkan bahwa Menteri Pertanian telah mencopot dirinya dari posisi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dia juga menepis kabar yang menyatakan bahwa dirinya berhenti dari jabatan eselon I tersebut karena memundurkan diri. "Betul, saya diberhentikan," ujar dia di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Muladno menjabat sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sejak tahun lalu. Dia dilantik oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada 1 Juni 2015.

Hingga saat ini belum ada alasan yang jelas terkait pemberhentian Muladno sebagai Direktur Jenderal. Namun kabar yang beredar menyebutkan bahwa pemberhentian dirinya merupakan bagian dari evaluasi Menteri Pertanian terhadap kinerja anak buahnya.

Pemberhentian Mulando secara resmi masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

Sedangkan untuk penggantinya, akan dilakukan dengan mekanisme lelang jabatan. Nantinya calon pengganti Muladno akan mengikuti tahap beauty ‎contest pejabat eselon I.

Untuk diketahui, Muladno lahir di Kediri Jawa Timur pada 24 Agustus 1961. Dirinya anak kedua dari tujuh bersaudara. Pendidikan dasar dan menengah diselesaikan di SDN Ringinsirah II Kediri, SMPN I Kediri, dan SMAN II Kediri.

Sedangkan pendidikan tinggi diselesaikan di Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta dengan gelar sarjana pada 1985 dan dilanjutkan di University of New England, Armidale, Australia dengan gelar master of science in agriculture pada 1990.

Terakhir, dia menempuh gelar doktor di University of Sydney, Australia pada 1995.

Dirjen Korban Daging Mahal?

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia, Hartono menuturkan, jika alasan pencopotan Prof Muladno hanya karena gagal dalam mengendalikan harga daging sapi, sangatlah tidak fair.

Pasalnya, kata Hartono, permasalahan harga daging sapi sangatlah multidimensi. Suka atau tidak, krisis sapi sudah terjadi sejak dirjen sebelum Muladno.

"Menurut saya tidak fair karena akar permasalahan sapi itu, memang ada krisis. Di mana, krisisnya sudah terjadi sebelum beliau menjabat dirjen," papar Hartono.

Hartono menerangkan, sejak beberapa tahun lalu, importasi sapi hidup maupun daging, menjadi tanggung jawab 2 kementerian yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.

Artinya, upaya mengatasi krisis sapi dengan importasi, harus melalui tahapan berjenjang dan tahapan yang panjang. Dalam hal ini, banyak pejabat yang terlibat dalam prosesnya.

dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:22

1 komentar:

  1. Siap menjabat siap dilengserkan...so simple.

    ReplyDelete

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.