loading...

Landak Laut (Bulu Babi) Ternyata Bisa Dimakan dan Bergizi Tinggi

Posted by

Binatang laut yang satu ini memang kalah populer dibandingkan dengan jenis hewan laut lainnya seperti tuna, ikan kakap, hiu paus dll. Landak laut hewan yang dipenuhi bulu lancip dan panjang panjang di sekujur tubuhnya ini katanya bisa diolah menjadi kuliner yang lezat bahkan sering dimakan dalam keadaan mentah.

Ternyata, landak laut atau bulu babi memang bisa dimakan. Bahkan, uni, atau jaringan lunak dari biota laut ini, adalah makanan lezat, menurut Pacific Urchin Harvesters Association. Menurut mereka lagi, daging landak laut juga cukup bergizi.

Bahkan di Jepang telur landak laut telah menjadi makanan khas yang mahal harganya. Telur landak laut di Jepang dihargai sekitar 100 ribu rupiah per 100 gramnya yang artinya per kg harga telur landak laut di jepang sekitar 1 jutaan rupiah.

Kandungan nutrisi utama bulu babi atau landak laut

Seporsi berukuran 100-gram daging landak laut, yang sama dengan sekitar 3,5 ons mengandung 172 kalori dan sangat sedikit lemak. Hampir keseluruhan satu porsi daging landak laut mengandung lemak tak jenuh. Misalnya, ada 1,75 gram lemak tak jenuh ganda dalam seporsi bulu babi landak laut. Lemak tak jenuh ganda di tempat lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam burger, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda secara keseluruhan. Landak laut juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko detak jantung yang tidak normal, berdasarkan data American Heart Association.

Protein penguat

Anda akan mendapatkan sekitar 13,3 gram protein dalam seporsi 100 gram daging landak laut. Itu berarti 29 persen dari 46 gram protein yang dibutuhkan seorang wanita setiap hari dan 24 persen dari 56 gram kebutuhan harian pria, menurut Institute of Medicine ini direkomendasikan untuk dijadikan salah satu menu diet sehat. Protein diperlukan untuk produksi energi dan membuat seluruh tubuh Anda berfungsi dengan benar.
Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang memainkan peran penting dalam penyembuhan luka. Mineral mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meningkatkan reproduksi sehat dan normal. Zinc mendukung penglihatan sehat, penghiduan atau penciuman dan rasa yang sehat, juga. Satu porsi daging landak laut memasok dosis zinc yang baik dan rendah lemak, cara rendah kalori untuk meningkatkan asupan mineral.

Banyak orang makan daging landak laut mentah atau dipasangkan dengan sushi. Makan boga bahari mentah memang berisiko kontaminasi bakteri yang dapat membuat Anda sakit, jadi jangan lupa untuk meminta saran dokter Anda sebelum menambahkan daging landak laut mentah dalam diet Anda.

Anda juga bisa memasak landak laut dan kemudian memakannya polos, atau menggabungkan landak laut dengan hidangan lainnya seperti pasta dengan saus tiram atau rebusan beragam boga bahari seperti sup tomyam khas negeri Thailand.

Jika Anda akan menyertakan bahan-bahan lain ketika mempersiapkan bulu babi atau landak laut Anda, tinjau kembali nutrisi bahan-bahan tersebut, apakah seimbang dengan nutrisi daging landak laut. Minta tukang daging atau dealer ikan lokal langganan Anda untuk menyediakan bulu babi atau landak laut, khusus untuk Anda, karena biota laut ini tidak tersedia di banyak pasar tradisional atau pasar swalayan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:02

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.