loading...

Daging India Murah Karena Peternakan Rakyatnya Bagus

Posted by

Mengapa daging impor dari India bisa sangat murah harganya dibandingkan dengan harga daging sapi lokal di negara kita?

Ketua Komite Tetap Industri Makanan dan Protein, Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Thomas Darmawan mengungkapkan, harga miring yang ditawarkan India lantaran negara tersebut bisa mengembangkan sistem peternakan rakyat yang sangat efektif, khususnya kerbau.

"Orang India beternak kerbau untuk dipakai sebagai kerbau perah, untuk diambil susunya. Artinya mereka dapat pendapatan harian dari susu. Sementara kalau itu kerbau perah, dia harus melahirkan terus satu tahun sekali agar bisa diambil susunya," katanya.

"Kalau melahirkan betina dipelihara buat kerbau perah, kalau kerbaunya jantan dia digemukkan untuk disembelih. Setiap tahun melahirkan, itu rahasianya kerbau di India sangat melimpah, meski yang pelihara peternak kecil.

Soal perawatan kerbau di India, jelas Thomas, juga tak bisa disamakan dengan pemeliharaan kerbau di Indonesia. Faktor inilah yang jadi pembeda kenapa India bisa menghasilkan daging dengan harga sangat murah dan melimpah.

"Kerbau di sini buat tarik gerobak, buat bajak sawah. Kalau di India itu kerbau diopeni (dirawat dengan baik), dikasih makan dengan sangat baik, karena itu pendapatan hariannya peternak sana yang asalnya dari susu," ujar Thomas.

Dia melanjutkan, faktor lain yang jadi alasan murahnya daging kerbau di India, lantaran permintaan daging di negara tersebut sangatlah sedikit meski populasi penduduknya terbesar kedua di dunia, yakni sebesar 1,3 miliar penduduk.

"Orang India mayoritas Hindu, Anda tahu sendiri orang Hindu terkenal vegetarian. Makanya konsumsi daging sana lebih banyak buat diekspor meski penduduknya sangat besar. Itu baru kerbau, belum sapinya," tutur Thomas.

India sendiri, menurut Thomas, setiap tahun mengekspor daging lebih dari 2 juta ton setiap tahunnya. Menjadikan negara tersebut sebagai eksportir daging terbesar dunia, diikuti Brasil di posisi kedua dan Australia di tempat ketiga.

"Daging India harganya hanya US$ 3-4/kg, atau sekitar Rp 40.000/kg," tutupnya.

Sumber detik.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:10

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.