loading...

Balada Puan Maharani dan Reshufle Kabinet Jokowi

Posted by

PUAN MAHARANI... perempuan penguasa

Wajah Puan kelihatan bingung. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ini,  di puncak Hari Anak Nasional lalu di Mataram, Lombok (23/7) bertanya pada anak yang dimintanya naik panggung bersamanya.

"Kamu ranking berapa?"  tanyanya.  Anak itu menjawab lugas,  "Tidak ada ranking, bu." Ia bertanya lagi.  "Nilai apa yang tinggi di raportmu?"  Lagi-lagi bocah perempuan berseragam merah-putih itu menjawab, " Tidak ada nilainya,  bu".

Wajah Puan terlihat bingung. Tidak ada ranking,  tidak ada nilai.  Ini sekolah di mana. Untung anak itu segera menjawab,  "Nilainya sekarang seperti anak TK,  A, B, C, cukup atau bagus sekali".

Daripada makin membingungkan, disudahi tanya-jawab ala Kelompencapir itu,  si anak dapat hadiah sepeda setelah diminta menyanyikan lagu daerahnya. Bu Menko yang membawahi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih menanyakan soal ranking kelas dan nilai raport yang sudah lama tak sama seperti di zamannya.

Di TV aku melihat "stand up"  itu. Apakah sekaliber menteri itu tidak tahu, bagaimana isi raport anak-anak sekarang?

Puan diberondong pertanyaan wartawan, ketika kasus Yuyun,  anak SD yang diperkosa 14 lelaki durjana di hutan karet di Rejang Lebong, Bengkulu. Bu Menko ini menjawab tidak tahu kejadian itu. 

Padahal TV, radio,  media sosial sudah memberitakan secara masif. Bahkan media luar negeri pun segera melansir kejadian tragis itu.  Tapi Bu Menko yang membawahi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini belum mendengar cerita miris tersebut,  bahkan itu terjadi di kampung tak jauh dari tempat neneknya berasal.

Ketika sudah dua kali reshuffle,  tak tersentuh dia. Banyak meme, parodi lucu berseliweran. Butuh keberanian lebih Mas Presiden untuk menggantinya. Di saat masyarakat mendukung penuh kemandiriannya.  Bahkan arus yang menganggap Jonan dan Anies cakap di bidangnya pun akhirnya bisa lengser. Tapi Puan,  tersenggolpun tidak.

Siapakah Puan? Kesaktian apakah yang dimilikinya? Angin pun tak berani menyentuhnya. Anak Megawati Soekarnoputri ketua umum berkali-kali PDIP yang mendorong Jokowi menunggang banteng ke istana. Ia cucu proklamator dan bapak bangsa Soekarno. Itu cukup tak membuatnya goyah.

Hak preoregatif Mas Presiden mempertahankan atau menggantinya. Dimana-mana menteri yang menjadi pelindung Presiden,  di negeri ini sebaliknya.

Suatu hari kalau bertemu Mas Presiden,  saya akan bertanya.  "Maaf Mas Presiden,  Ibu Puan di kelas kabinet ranking berapa ya? Nilainya berapa?"

Pasti akan bingung saya,  kalau Mas Presiden menjawab,  " Tidak ada ranking,  tidak ada nilai,  nilainya seperti di raport anak TK,  bagus sekali, bagus,  atau cukup."

Aku baca sampul raportnya. Baru semuanya jelas dan memecah kebingunganku. Nama: Puan Maharani.

Itu artinya "Perempuan Penguasa". Titik. Tanpa Sandhora, tanpa Seharto,  tanpa Puspa.  Ya, titik saja. Tak ada ruang lagi.

Tulisan Dian A. Dikutip dari laman fb.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:59

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.