loading...

Arti dan Manfaat Diagnosa Penyakit

Posted by

DIAGNOSA, PERLU DAN PENTING

Pekerjaan utama profesi dokter, dokter hewan dan dokter gigi adalah mendiagnosa, yaitu mengetahui penyebab sakit. Baru kemudian terapi (penyembuhan).

Ada 4 perkaranya dalam mendiagnosa :
1. Anamnesa (riwayat);
2. Patologi/Histologi Anatomi;
3. Serologi;
4. Identifikasi.

Dokter hewan di lapangan pada umumnya hanya punya kesempatan pada nomor 1 (data-data) dan nomor 2 (fakta-fakta), tapi dituntut harus sudah bisa mendiagnosa. Yang berpengalaman, setidaknya bisa mendiagnosa akurasi 70 - 90%. Berikutnya tinggal langkah terapinya, akan jauh lebih mudah dengan tingkat keberhasilan menyembuhkan 70 - 90%. Sisanya yang 10% adalah milik Tuhan yang harus dimohon melalui berdoa.

Tetapi sayangnya yang terjadi di lapangan terbalik, obatnya sudah ditentukan dulu baru diagnosanya dipas-paskan. Itu profesi TUKANG JUAL OBAT.

Ada juga orang-orang yang berkecimpung di dunia peternakan unggas, termasuk dokter hewan, tanpa membaca data-data dan tanpa melihat fakta-fakta, hanya sekedar mendengar laporan secuil dua cuil, langsung menentukan diagnosa. Itu profesi TERKUN (dokter dukun).

Anehnya lagi, ada orang yang membuat dan menawarkan produk tertentu yang diklaim mampu membuat ayam kebal dari segala penyakit tanpa vaksinasi. Ini mirip Ponari, anak Jombang, dengan "Satu batu menyembuhkan segala penyakit". Teori PONARI SWEAT.

Di bawah ini saya tayangkan semacam katalog tanda-tanda dan atau gejala-gejala penyakit ayam yang disebut PATOLOGI ANATOMI secara umum. Tidak usah minta ijin, silakan di-down load, dicetak pakai kertas foto ukuran A-4, dilaminating dan dijilid menjadi album kenangan indah.

Tujuannya agar para peternak bisa mendiagnosa sendiri dan supaya tidak lagi mudah "diblithuk" (diperdaya) oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang hanya mencari keuntungan sepihak.

Semoga bermanfaat.

Sumber grup fb. (Mukti A.)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:01

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.