loading...

Ternyata Nyamuk Lebih Suka Menggigit Burung Jantan

Posted by

Fakta Burung Jantan Lebih Disukai Nyamuk Daripada Jenis Betina

Penyakit yang disebarkan organisme vektor menyumbang sekitar 17 persen dari penyakit menular secara global, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Malaria, penyakit bawaan vektor yang paling mematikan, menyebabkan sekitar 627.000 kematian pada tahun 2012.

“Sampai saat ini, kita hanya menduga bahwa nyamuk menggigit jantan, entah itu manusia, burung, atau hewan-lebih lainnya lebih sering daripada betina,” kata Woodbridge Foster, profesor entomologi dari Ohio State University yang sudah pensiun dan tak terlibat pada penelitian itu.

“Burung jantan lebih sering terinfeksi penyakit yang dibawa nyamuk daripada betina, sehingga masuk akal bahwa nyamuk lebih sering menggigit pejantan. Namun, hingga studi ini selesai, tidak ada yang bisa menunjukkan hal itu.”

Untuk studi baru yang dipublikasikan dalam Royal Society Open Science, Nathan Burkett-Cadena, asisten profesor entomologi di University of Florida, dan rekan-rekannya pergi ke rawa dekat Tampa untuk mengumpulkan ratusan nyamuk betina dari tiga spesies nyamuk yang dikenal biasa mengirimkan virus dari burung ke manusia. Banyak nyamuk masih memiliki darah dalam sistem pencernaan mereka yang berasal dari hewan yang mereka gigit.

Nyamuk-nyamuk itu dihancurkan tubuhnya untuk mengumpulkan darah dari perut mereka yang kemudian disaring untuk menentukan jenis hewan yang mereka gigit. Tes lain menentukan jenis kelamin hewan. Melalui tes itu, peneliti mengidentifikasi jenis kelamin burung yang digigit nyamuk. Dan hasilnya burung jantan memang yang paling sering digigit nyamuk.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:34

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.