loading...

100+ Spesies Burung Indonesia Terancam Punah

Posted by

Memiliki 380 spesies burung endemik, Indonesia melampaui negara lain di dunia dalam hal keunikan atau endemisitas. Sayangnya 100 lebih spesies terancam Punah.

Berdasarkan data Burung Indonesia, jumlah jenis burung di Indonesia telah meningkat dari 1.598 pada tahun 2012 menjadi 1.605 spesies pada tahun 2013. “Ada tujuh spesies baru yang tercatat di dalam negeri pada tahun 2010-2012,” kata Jihad, petugas konservasi Burung Indonesia.

Berdasarkan beberapa laporan yang diterbitkan selama periode tersebut, tujuh jenis burung yang sebelumnya tidak pernah tercatat di negara ini terlihat di pulau-pulau Indonesia.

Spesies baru yang dicatat meliputi Lesser Black-backed Gull (Larus fuscus) yang terlihat di Pulau Wetar, Heinroth’s Shearwater (Puffinus heinrothi) di perairan Taliabu, White-fronted Falconet (Microhierax latifrons) di Kalimantan Timur, Black-winged Stilt (Himantopus himantopus) di Sumatera, Baird’s Sandpiper (Calidris bairdii) in Papua Barat, Red Phalarope (Phalaropus fulicarius) di Jawa, dan Olive-backed Pipit (Anthus hodgsoni) di Kalimantan Timur.

Jihad mengatakan bahwa dari 1.605 spesies burung di Indonesia, 126 darinya sedang terancam. Mereka terdiri atas 19 spesies Kritis, 35 spesies Genting, dan 72 spesies Rentan.

Jumlah keseluruhan spesies burung yang terancam di Indonesia sama dengan catatan sebelumnya (data 2012). Namun, ada tiga spesies yang status konservasinya telah meningkat dan tiga status lainnya menurun. Milky Stork serta Kakatua Putih yang sebelumnya terdaftar sebagai Rentan sekarang menjadi spesies Genting, sedangkan status konservasi poksay kuda meningkat drastis dari Rentan menjadi Genting.

Sementara itu, Victoria Crowned-pigeon sudah keluar dari zona terancam, dan turun dari Rentan menjadi berstatus Hampir Terancam. Demikian pula, Salvadori’s Fig-parrot turun statusnya dari Rentan menjadi Risiko Rendah. Sementara itu, Kofiau Paradise-kingfisher masih di zona terancam meskipun telah turun satu tingkat dari status Genting ke Rentan.

Berdasarkan data BirdLife International, dengan 1.605 jenis burung, Indonesia duduk di posisi 5 besar dalam hal keanekaragaman avifauna setelah Kolombia, Peru, dan Brasil, dan dalam persaingan ketat dengan Ekuador.

Sayangnya, Indonesia juga menduduki peringkat 3 besar dalam hal jumlah spesies burung yang terancam setelah Brazil dan Peru. Namun, dengan 380 spesies burung endemik, Indonesia melampaui negara lain di dunia dalam hal keunikan atau endemisitas.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:24

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.