loading...

Waspadai Garam Pada Ikan Asin

Posted by

Ikan asin memang nikmat disantap sebagai lauk nasi liwet hangat dengan tambahan sambal bawang pedas. Selera makan bisa langsung naik saat makan ditemani lauk ikan asin.

Tetapi ada yang perlu diwaspadai pada ikan asin. Sesuai namanya ikan asin adalah ikan yang rasanya asin karena diawetkan dengan garam. Nah inilah bahayanya, garam pada ikan asin yang secara tidak sengaja kita konsumsi. Jika ikannya aman dikonsumsi tetapi garam dalam jumlah besar tidak aman alias bahaya bagi kesehatan dan menimbulkan efek buruk karena bisa memicu penyakit.

Ada batasan tertentu dimana garam masih bisa ditoleransi tubuh kita bahkan bisa menyehatkan. Hal ini karena kandungan mineral pada garam yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah tertentu atau terbatas. Jika kekurangan garam badan akan terasa lemas dan juga rasa tidak nyaman lainnya.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan batas konsumsi garam adalah 5 gram setiap hari. Sedangkan pada ikan asin, jumlahnya bisa lebih dari itu.

Tingkatkan Risiko Kanker dan Sakit Jantung

Dilansir oleh DrLam.com, data dari American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa tingginya konsumsi garam harian dapat meningkatkan risiko kanker sebesar 15 persen dan masalah jantung sebesar 20 persen. Hasil tersebut didapat dari penelitian pada 80.000 wanita dan pria.

Selain itu, penggunaan formalin dalam ikan asin sudah jadi berita umum, terutama di Indonesia. Hal itu akan semakin memperparah risiko kanker, karena formalin yang masuk ke tubuh manusia akan bersifat karsinogen.

Karena itu, ada baiknya Anda membatasi konsumsi ikan asin, konsumsilah sesekali saja. Akan lebih baik juga jika Anda tahu ciri-ciri ikan asin yang mengandung formalin, agar Anda makin teliti saat membelinya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:08

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.