loading...

Suplemen Kesehatan Ala Dr. Oz, Dari Multivitamin Hingga Omega 3

Posted by

Seberapa Besar Sebenarnya Kebutuhan Kita Terhadap Suplemen Kesehatan? Apa Saja Jenis Suplemen Kesehatan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita?

Menurut Dr. Oz, ada 4 suplemen yang perlu dikonsumsi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Pertama ialah multivitamin. Kedua ialah vitamin D, karena multivitamin yang ada saat ini kebanyakan tidak menyertakan vitamin D di dalamnya. Bila multivitamin sudah menyertakan vitamin D, maka tidak diperlukan lagi ekstra vitamin D. Berikutnya ialah omega-3 atau minyak ikan. Dan yang terakhir adalah kalsium dan magnesium. Empat suplemen tersebut sering juga disebut Dr. Oz Ultimate Supplements.

Tentang Kebutuhan Multivitamin

Patut diketahui bersama bahwa sejatinya suplemen itu benar-benar dibutuhkan apabila tubuh mengalami kekurangan (defisiensi). Kekurangan vitamin C, maka konsumsilah ekstra vitamin C. Jadi teoritis suplementasi (di atas dosis kebutuhan) tidak diperlukan. Fakta ini memang masih kontroversi hingga sekarang, bahkan di tengah kalangan dokter dan peneliti sekalipun.

Telah banyak studi yang mencoba membuktikan dan mencari fakta sebenarnya. Salah satu jawaban yang terbaik datang dari American Journal of Clinical Nutrition (Am J Clin Nutr) tahun 2013 ini. Penelitian tersebut merupakan meta-analisis yang menilai puluhan studi besar yang telah ada. Dalam hirearki literatur kedokteran, meta-analisis adalah bentuk metode yang paling tinggi bobotnya.

Studi tersebut mencoba melihat, apakah suplementasi multivitamin dan multimineral pada orang sehat dapat memberikan manfaat yang berarti, bila ditinjau dari sudut kematian (mortalitas)? Bila benar bermanfaat, maka setiap orang (sehat maupun sakit) perlu mengonsumsi multivitamin. Namun tak ayal hasilnya kurang memuaskan. Ternyata, tidak ada perbedaan antara konsumen vitamin dengan kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen.

Vitamin D dan Kalsium

Seyogyanya, vitamin D berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium. Dan seperti yang marak diberitakan, kalsium adalah komponen penting (bahan baku) penyusun tulang. Konsumsi kalsium secara tepat sangat bermanfaat untuk mencegah keropos tulang di kemudian hari. Jadi secara logika, kombinasi vitamin D-kalsium, bahkan dengan magnesium, akan sangat bermanfaat.

Dr. Oz juga mengatakan bahwa konsumsi vitamin D dan kalsium sangat perlu, terutama bagi populasi negara barat yang kurang terpapar sinar matahari. Alasan ini mungkin dapat dibenarkan, mengingat angka kadar vitamin D rendah (insufisiensi) untuk individu negara Barat cukup tinggi.

Istilah “insufisiensi” digunakan untuk mendeskripsikan tahap antara normal dan defisiensi. Namun, akhir-akhir banyak studi yang melaporkan kaitan berbagai penyakit, baik pada anak, dewasa, atau usia lanjut, pada kondisi insufisiensi vitamin D ini.

Alasan kedua, semakin tua usia seseorang, maka memang terjadi penurunan kadar vitamin D ini. Proses penuaan melibatkan penurunan fungsi sistem organ (kulit, pencernaan, hati, dan ginjal) yang mengatur metabolisme vitamin D. Dan di negara maju, yang notabene memiliki sarana-prasarana kesehatan sangat baik, porsi kelompok usia lanjut (≥65 tahun) menjadi sangat banyak. Bahkan, ada negara yang diprediksikan penduduk usia lanjutnya akan lebih banyak ketimbang kelompok usia muda.

Konsumsi vitamin D sebenarnya telah banyak diteliti dan terbukti memberikan efek positif lain untuk segelintir penyakit, seperti jantung, kanker, dan penyakit degeneratif. Pada orang tua yang sering mengalami keropos tulang, konsumsi vitamin D telah terbukti mampu menguatkan tulang dan otot sehingga mengurangi angka kejadian jatuh (fall) dan patah tulang (fracture).

Sekilas memang menarik untuk mengonsumsi vitamin D. Namun ingat, penelitian-penelitian saat ini masih terbatas pada populasi negara barat yang sering insufisien vitamin D. Untuk populasi Indonesia, studi yang ada hanya terbatas pada kelompok usia tua dan/atau dengan osteoporosis. Jadi, belum ada bukti vitamin D dan kalsium untuk populasi muda dan sehat.

Apakah vitamin D dan kalsium selalu aman? Tentu saja tidak. Efek yang sangat dikhawatirkan adalah hiperkalsemia (tingginya kadar kalsium dalam darah). Hiperkalsemia dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang mengancam nyawa. Demikian halnya dengan kadar magnesium yang berbahaya bila terlampau tinggi.

Kesimpulannya untuk saat ini sama seperti poin 1, suplemen itu benar-benar dibutuhkan apabila tubuh mengalami kekurangan. Mungkin yang menjadi pertanyaan selanjutnya, “Apakah saya yakin memiliki kadar vitamin D dan kalsium yang normal?”

Omega-3 dan Minyak Ikan

Berbeda dengan multivitamin dan multimineral, omega-3 dan minyak ikan ditujukan untuk mencegah penyakit jantung koroner dan memperbaiki profil Kolesterol.

Penyelidikan dimulai dari adanya fakta bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi ikan lebih jarang mengalami serangan jantung. Setelah ditelusuri, barulah diketahui adanya omega-3 EPA dan DHA yang tinggi pada ikan dan minyak ikan. Omega-3 termasuk asam lemak rantai panjang tidak jenuh (polyunsaturated fatty acid/PUFA). Jenis asam lemak tak jenuh lainnya ialah MUFA (monounsaturated fatty acid), yang banyak ditemukan pada minyak canola dan minyak olive.

Sebaliknya, diet tinggi asam lemak jenuh (saturated fatty acid) terbukti berkaitan dengan peningkatan Kolesterol LDL dan Kolesterol total, yang diklaim sebagai faktor risiko penyakit jantung koroner.

Jadi, PUFA sebenarnya sangat diperlukan dalam menu makanan sehari-hari. Di samping meningkatkan PUFA, kita juga perlu menghindari asam lemak jenuh.

Perlu diketahui, sumber makanan PUFA yang digoreng dengan marganin akan mengubah struktur asam lemak menjadi trans-fatty acid. Asam lemak trans- ini pun harus hindari.

Sumber: kompas.com

Jenis-jenis Vitamin, Manfaat dan Macam Makanan Sumber Vitamin

Manfaat dan Jenis Makanan Sumber Vitamin A (Retinol)

Vitamin A merupakan vitamin pertama yang sangat baik untuk membentuk ketahanan tubuh. Kandungan vitamin A dapat membantu tubuh dalam menangkal penyakit malaria, dan menahan terjadinya penuaan pada kulit dan dapat menjadi anti oksidan yang sangat penting bagi tubuh. Berikut keterangan lengkapnya :

Manfaat Vitamin A
Anti aging
Anti malaria
Meningkatkan daya tahan rubuh
Mengoptimalkan perkembangan janin
Baik untuk menjaga kesehatan mata

Akibat kekurangan Vitamin A

Berikut ini adalah hal yang dapat terjadi ketika anda memiliki asupan vitamin A yang kurang :
Mengalami penuaan dini
Dapat mudah terserang malaria
Mudah mengalami gangguan pada mata, seperti rabun dan katarak
Daya tahan tubuh berkurang

Jenis-jenis Makanan Sumber Vitamin A

  1. Hati
  2. Minyak Ikan
  3. Daging
  4. Susu
  5. Sayuran dan Buah yang berwarna oranye, seperti wortel dan labu
Manfaat dan Jenis Makanan Sumber Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 juga sangat berguna untuk ketahanan tubuh anda. vitamin ini dapat membantu tubuh melakukan proses oksidasi, yang akan berguna dalam memperoleh energy. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya tentang vitamin B1

Fungsi dari Vitamin B1
Membantu proses oksidasi
Mendapatkan atau memperoleh energi

Akibat kekurangan Vitamin B1

Apabila anda kurang dalam mengkonsumsi vitamin B1, maka akan mengalami :
Kulit kering
Kulit bersisik

Jenis Makanan Sumber vitamin B1

  1. Daging
  2. Roti
  3. Sayur-sayuran
  4. Kacang hijau 

Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 memiliki fungsi dalam menjaga ketahanan tubuh, terutama menjaga keutuhan jaringan saraf. Berikut ini info lengkap dari vitamin B2 :

Fungsi Vitamin B2
Menjaga ketahanan saraf
Mempercepat pemindahan rangsangan cahaya menuju ke saraf mata
Meningkatkan daya tahan tubuh

Akibat kekurangan vitamin B2

Beberapa hal ini dapat terjadi kepada anda apabila kekurangan vitamin B2 :
Penurunan daya tahan tubuh
Sariawan
Bibir pecah-pecah

Jenis Makanan Sumber Vitamin B2
  1. Hati
  2. Telur
  3. Susu
  4. Ragi

Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin berikutnya yang berguna untuk menjaga ketahanan tubuh adalah vitamin B3. Berikut ini info lebih lanjut tentang vitamin B3 :

Fungsi Vitamin B3
Membantu penguraian energi dari makanan
Sintesis asam lemak

Akibat tubuh kekurangan Vitamin B3

Berikut ini beberapa hal yang mungkin terjadi ketika anda mengalami kekurangan vitamin B3 :
Menurunnya ketahanan tubuh (efek dari metabolisme energi yang tidak teruraikan dengan baik)
Kejang dan kram
Gangguan pencernaan
Mual dan muntah-muntah

Jenis Makanan Sumber Vitamin B3
  1. Hati
  2. Jamur
  3. Kacang-Kacangan

Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Daftar berikutnya dalam vitamin untuk daya tahan tubuh yang baik adalah Vitamin B5. Vitamin ini memiliki beberapa fungsi yang penting bagi tubuh.

Fungsi dari Vitamin B5
Memperlancar proses metabolisme karbohidrat
Memperlancar proses metabolisme protein
Memperlancar proses metabolisme lemak

Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin B5

Apabila anda tidak memiliki asupan vitamin B5 yang cukup, maka hal – hal di bawah ini mungkin akan terjadi :
Insomnia
Kram otot
Gangguan emosi

Jenis Makanan Sumber Vitamin B5
  1. Daging
  2. Susu
  3. Sayur-sayuran hijau
  4. Hati
  5. Kacang hijau
Manfaat, Fungsi dan Macam Makanan Sumber Vitamin B6 (Pridoksin)

Masih dari turunan jenis Vitamin B, vitamin B6 merupakan jenis vitamin berikutnya yang baik bagi ketahanan tubuh kita. Berikut info lengkapnya :

Fungsi dari Vitamin B6
Membantu proses pencernaan protein
Membantu proses respirasi dari sel

Akibat kekurangan Vitamin B6

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat terjadi ketika tubuh, kurang mengkonsumsi vitamin B6 :
Kulit pecah-pecah
Kram otot
Insomnia

Jenis Makanan Sebagai Sumber Vitamin B6
  1. Kentang
  2. Telur
  3. Daging
  4. Kubis
Fungsi, Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 merupakan jenis vitamin untuk daya tahan tubuh, yang sangat berguna. Berikut ini info selengkapnya dari vitamin B7 ini :

Fungsi Vitamin B7
Memperlancar proses metabolisme energi
Pertumbuhan rambut dan kuku
Menurunkan berat badan
Menjaga kadar gula dalam darah

Akibat kekurangan vitamin B7

Beberapa hal di bawah ini dapat terjadi pada diri anda apabila kekurangan vitamin B7, yaitu :
Dermatitis
Hyperesthesia
Paresthesia
Anoreksia
Anemia
Terganggunya Fungsi Jantung

Jenis-jenis Makanan Sebagai Sumber vitamin B7
  1. Roti gandum
  2. Telur ayam
  3. Wortel
  4. Susu
  5. Keju
  6. Ikan salmon
  7. Kacang-kacangan
Manfaat dan Jenis Makanan Sumber Vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin B9 merupakan jenis vitamin B yang juga sangat berguna bagi ketahanan tubuh. berikut ini info lengkapnya dari vitamin B9 :

Fungsi dari Vitamin B9
Pembentukan sel darah merah
Perbaikan DNA
Perkembangan bayi
Pembentukan jaringan tubuh
Mengoptimalkan fungsi otak

Akibat kekurangan vitamin B9

Beberapa hal yang dapat terjadi ketika anda mengalami kekurangan vitamin B9 adalah :
Sariawan
Gangguan fungsi otak
Diare
Gangguan pertumbuhan tulang belakang

Jenis-jenis Makanan Sebagai Sumber Vitamin B9
  1. Selada
  2. Bayam
  3. Semangka
  4. Kacang-kacangan
  5. Hati
  6. Kuning telur
Manfaat dan Macam-macam Makanan Sumber Vitamin B12 (Kobalamin)


Vitamin B12 merupakan turunan terakhir dari jenis Vitamin B yang bermanfaat bagi ketahanan tubuh anda. berikut ini info selengkapnya dari Vitamin B12.

Fungsi dari Vitamin B12
Membantu proses pembentukan sel darah merah
Sintesis asam nukleat
Pembelahan sel

Akibat tubuh kekurangan vitamin B12

Ketika tubuh anda mengalami kekurangan vitamin B12, maka tubuh anda kemungkinan akan mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini :
Anemia
Mudah mengalami kelelahan
Imunitas menurun

Jenis-jenis Makanan Sumber vitamin B12
  1. Daging
  2. Telur
  3. Susu
  4. Hati
  5. Makanan hasil fermentasi
Manfaat, Fungsi dan Macam Makanan Sumber Vitamin C (Asam Askorbat)

Vitamin C merupakan jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang paling sering didengar dan sangat familiar terdapat dalam buah-buahan. Berikut ini info selengkapnya mengenai Vitamin C bagi tubuh anda :

Fungsi dari Vitamin C
Makanan penurun kolesterol
Mencegah penyakit jantung
Mencegah penyakit kanker
Menjaga tubuh dari infeksi-infeksi
Mencegah diabetes, dan hipertensi

Akibat Tubuh kekurangan Vitamin C

Apabila tubuh kekurangan asupan vitamin C, maka kemungkinan tubuh akan mengalami kemungkinan gejala-gejala seperti di bawah ini :
Kanker
Hipertensi
Kolestrol tinggi
Nyeri pada persendian
Menurunnya daya tahan tubuh
Gusi berdarah
Sariawan dan infeksi pada gusi

Jenis-jenis Makanan Sumber Vitamin C
  1. Sayur-sayuran
  2. Jeruk
  3. Tomat
  4. Yogurt
Fungsi, Manfaat dan Jenis Makanan Sumber Vitamin D (Kalsiferol)

Vitamin D memiliki fungsi sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh, sekaligus menguatkan bagian tulang anda. Berikut ini info lengkap dari Vitamin D :

Fungsi dari Vitamin D
Menguatkan tulang dan gigi
Meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor

Akibat kekurangan vitamin D bagi tubuh

Beberapa hal di bawah ini merupakan akibat yang dapat terjadi pada diri ketika kekurangan Vitamin D :
Kejang pada otot
Rakitis

Jenis-jenis Makanan Sebagai Sumber kebutuhan vitamin D
  1. Telur
  2. Susu
  3. Minyak Ikan 

Manfaat dan Macam Makanan Sumber Vitamin E (Kalsiferol)

Daftar terakhir dari vitamin untuk daya tahan tubuh yang baik adalah Vitamin E.

Fungsi dari Vitamin E
Berperan dalam proses reproduksi
Mencegah Kanker paru-paru

Akibat kekurangan vitamin E

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat terjadi pada diri anda ketika tubuh mengalami kondisi kurangnya kekurangan vitamin E, yaitu :
Kanker paru-paru
Berkurangnya kesehatan kulit

Jenis-jenis Makanan Sumber Vitamin E
  1. Biji-bijian
  2. Sayur-sayuran
  3. Mentega
  4. Susu 

Sumber: halosehat.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:02

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.