loading...

Manfaat Dan Bahaya Sumsum dan Kikil Sapi

Posted by

Efek buruk kikil sapi dan sumsum jika berlebihan

Sumsum dan kikil sapi adalah makanan khas yang dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Dengan asumsi ini banyak orang yang rajin mengonsumsinya. Adakah efek negatif dan bahaya bagi kesehatan jika terus menerus mengonsumsi sumsum dan kikil sapi?

Apa yang Dimaksud Sumsum dan Kandungan Gizinya?

Sumsum yang digunakan dalam berbagai olahan masakan umumnya berasal dari tulang kaki bagian dalam dan sumsum tulang belakang. Sumsum tulang kaki merupakan jaringan lemak yang berada pada rongga bagian dalam. Sumsum tersebut yaitu berfungsi sebagai pusat pembentukan sel-sel darah baru, berupa sel darah merah ataupun sel darah putih. Selain itu sumsum juga mengandung lemak yang berupa lemak jenuh dan kolesterol.

Sedangkan sumsum yang dihasilkan oleh tulang belakang berwarna lebih putih daripada sumsum dari kaki. Sumsum tulang belakang juga merupakan tempat dibentuknya sel darah, maik itu sel darah merah atau sel darh putih yang tentunya banyak mengandung zat besi. Oleh sebab itu seseorang yang yang kekurangan zat besi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sumsum, selain makan daging merah dan hati tentunya. Tetapi dengan catatan jangan terlalu banyak karena kandungan kolesterol dari sumsum sangatlah tinggi yang tentunya akan memicu penyakit lainnya.

Apa yang dimaksud kikil sapi? Apa Kandungan pada Kikil?

Kikil adalah lapisan yang membungkus tulang kaki maupun jari-jari kaki sapi tanpa bulu-bulu yang melekat diatasnya. Kikil mengandung protein seperti halnya daging, namun bentuk dan struktur kikil berupa kolagen. 30 % dari protein yang terdapat pada mamalia terdiri dari kolagen, dimana prosentasi terbesarnya terletak pada kaki sapi dan kikil tadi. Kolagen bersama dengan keratin dan elastin berfungsi membentuk struktur pada jaringan untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

Kolagen merupakan jenis protein yang kandungan asam amino essensialnya kurang lengkap dibanding dengan daging, dan sulit untuk dicerna tubuh. Namun demikian, kandungan seleniumnya cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang berpengaruh baik terhadap kesehatan terutama mencegah dan meningkatkan resiko terkena penyakit degeneratif.

Dari Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sumsum dan kikil adalah makanan yang memang lezat dan nikmat. Karena sumsum yang mengandung zat besi dan kikil mengandung selenium dan kalsium yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi yang perlu diwaspadai bahwa sumsum juga mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang cukup tinggi dan itu akan membawa dampak negatik bagi kesesehatan, karena kan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sementara kikil susah dicerna oleh tubuh dan kandungan proteinnya kurang lengkap. Oleh sebab itu boleh mengkonsumsi sumsum dan kikil asalkan tidak terlalu sering dan makanlah secukupnya serta tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:58

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.