loading...

Macam-macam Jenis Yoghurt, Minuman Kesehatan

Posted by

Macam-macam Yoghurt Yang Beredar di Pasaran

Jenis Yoghurt Berdasarkan kandungan lemaknya, yogurt dikategorikan: 

1.Penuh lemak (6% -10% lemak)
2.Lemak sedang (3% - 5% lemak)
3.rendah lemak (1% - 3% lemak)
4.Skimmed (0% lemak)

Macam-macam Jenis Yogurt  dari metode pembuatannya, yogurt dapat dikategorikan:

1. Strained, yaitu dibuat dengan cara mengangkat air dadih dari susu
2. Set yoghurt, teksturnya lembut dan mampu dimasukkan ke boks karton
3. Stirred, yaitu yogurt yang diaduk dan ditambahkan jus atau potongan buah

Macam dan Jenis Yoghurt dilihat dari Konsentrasi/Kekentalannya:

1. Set Yoghurt Bentuknya paling kental, mirip puding tahu atau custard. Proses fermentasi langsung dalam kemasannya. Setelah terbentuk yoghurt, tidak ditambahkan apa pun dan tidak diaduk-aduk. Umumnya adalah yoghurt tawar (plain).
2. Stir Yoghurt Bentuknya agak encer karena setelah terbentuk yoghurt, ditambahkan bahan lain (misal pemanis, perasa, atau buah-buahan), kemudian diaduk, baru disimpan dalam kemasan, sehingga teksturnya lebih cair.
3. Drink Yoghurt Bentuknya paling encer. Setelah terbentuk yoghurt kemudian dicairkan sehingga yoghurt jenis ini bisa langsung diminum.

Jenis dan Macam Yoghurt Dari Asal Daerahnya : 
  • Yoghurt Dahi. Yoghurt Dahi dari subkontinen India dikenal dengan rasanya yang unik. Istilah Inggris untuk yoghurt spesifik di Bangladesh, India, dan Pakistan adalah curd. 
  • Dadiah atau Dadih adalah yoghurt tradisional dari Sumatera Barat yang dibuat dari susu kerbau. Dadiah difermentasi dalam tabung bambu. 
  • Labneh atau Labaneh. Yoghurt Labneh dari Lebanon adalah yoghurt yang telah dipadatkan yang digunakan untuk sandwich. Minyak olive, potongan mentimun, olive, dan berbagai macam herba hijau kadang-kadang ditambahkan.
Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan:

Yoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. oghurt sendiri mengandung 2 jenis probiotik, yaitu lactobacillus dan bifidobachterium.

Jadi, pembuatan yoghurt ini bukannya tanpa alasan, kandungan gizi yang terdapat pada yoghurt merupakan alasan mengapa kita perlu mengkonsumsinya. Umumnya yoghurt dibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.

Beberapa manfaat dari yoghurt: Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yoghurt.

Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakterilactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.

Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita. Menyehatkan pencernaan Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina. Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

Menurunkan risiko darah tinggi. Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan kalsium. Protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.

Yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker. "Yoghurt juga baik untuk jantung sebab rendah lemak, bahkan bebas lemak.

Mengonsumsinya dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi," kata Alvaro Alonso, MD, PhD, profesor di University of Minnesota Sekolah Kesehatan Masyarakat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:52

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.