loading...

Macam Jenis Burung Migrasi dan Tipe Paruhnya

Posted by

Ternyata Bangsa Burung Memiliki Berbagai Macam Tipe Paruh Yang Disesuaikan dengan Makanan Utamanya

Macam-macam Jenis Burung Migrasi dan Tipe Paruhnya 

Jenis Burung Jenjang (Balearica pavonina) 


Beberapa spesies burung jenjang merupakan burung migran ke tempat yang sangat jauh, sedangkan beberapa spesies yang hidup di iklim panas bukan merupakan burung migran. Burung jenjang hidup berkelompok dan jika jumlahnya cukup dapat membentuk kawanan yang besar. Habitat di sawah, danau, rawa, lahan basah dan padang rumput. Burung jenjang merupakan burung pemangsa yang memakan apa saja, tapi makanan bisa berubah bergantung pada musim.

Tachymarptis melba
Jenis burung ini mampu bertahan di udara dalam keadaan terbang selama 200 hari non-stop (lebih kurang selama 6 bulan), dan diperkirakan jenis burung ini makan dari Aerial Plankton atau serangga yang terbawa oleh angin untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Burung jenis ini bermigrasi dari Mediterania ke Asia Barat lalu ke India kemudian ke Afrika Timur dan Selatan.

Burung Pluvialis fulva
Pluvialis fulva (Pacific Golden Plover) oleh Wally Johnson di Wader Study Group Bulletin, mengklaim kecepatan mencapai 90-96 km/jam (56-60 mil/jam) dari Samoa Amerika di pasifik menuju Jepang kemudian Alaska menempuh jarak sekitar 16.000-24.000 km (9.900-14,900 mil).


Sterna paradisaea
Jenis burung yang menempuh jarak paling jauh dari semua jenis burung bahkan seluruh binatang dalam rentang umur waktunya. Perkiraan kasar jarak yang ditempuhnya yaitu rata-rata 50.000 mil (80.000 km) dalam setahun, dimana sekitar 70.900 km (44,300 mil) untuk yang bersarang di Greenland dan Iceland dan 90,000 km (55.900 mil) untuk yang bersarang di Belanda. Sementara itu, para ahli menghitung jarak antara bumi dan bulan, didapatkan hasil 384.400 km, sementara rata2 umur hidup hewan ini adalah 30 tahun, dan selama umurnya tersebut dengan hitungan kasar, maka burung tersebut mampu bolak balik bumi dan bulan sebanyak 3 kali seumur hidupnya.

Puffinus griseus
Puffinus griseus dengan panjang tubuh 40–51 cm dengan rentang sayap 94–110 cm, dan sanggup menyelam 68 m untuk memakan ikan dalam migrasinya. Burung ini menempuh jarak 64.037 km (38.809 mil) dengan kecepatan per harinya 540-910km/hari menyeberangi samudera pasifik (www.ncbi.nlm.nih.gov). Tidak diketahui pasti kenapa burung sanggup migrasi dalam jarak yang jauh dan tidak tersesat seperti penerbangan yang dilakukan oleh Puffinus griseus secara individual, hipotesa mengatakan burung memiliki magnetite pada hidungnya sehingga membantunya menggunakan magnet bumi untuk navigasi.

Gallinago media 


(Gallinago gallinago) merupakan burung peranduk gempal kecil asal di Dunia Lama. Habitat pembiakan adalah di paya, paya gambut, tundra dan padang rumput lembab sepanjang Eropah utara dan utara Asia. Ia merupakan burung berhijrah, dengan burung Eropah menghabiskan musim sejuk di selatan dan barat Eropah dan Afrika (selatan ke Khatulistiwa), da penghijrah Asia bergerak ke Asia Tenggara tropika.

Jenis Burung Limosa lapponica
Biru-laut ekor-blorok (Limosa lapponica) adalah spesies burung dari keluarga Scolopacidae, dari genus Limosa. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kepiting, cacing, moluska yang memiliki habitat di perairan pasang surut, muara, beting pasir, perairan dangkal. Biru-laut ekor-blorok memiliki tubuh berukuran besar (37 cm). Kaki panjang, paruh sedikit melengkung keatas. Tubuh bagian atas berbintik abu-abu dan coklat. Alis putih jelas. Pada dada sedikit abu-abu. Ciri khas: garis sayap sempit warna pucat, garis-garis coklat sempit di atas tunggir, ekor putih. Iris coklat, pangkal paruh merah jambu, ujung paruh hitam, kaki hijau gelap atau abu-abu.

Catharus ustulatus
setengah belahan otak tertidur setengahnya lagi berfungsi, begitu juga dengan satu mata terbuka satu lagi tertutup, hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan tidur. Akan tetapi, sebuah hipotesis baru dikeluarkannya dalam penelitiannya yang terbaru dengan 'Electroencephalogram', bahwa jenis burung ini mengalami yang namanya 'Micro Nap', atau tertidur dalam masa yang singkat, sekitar 1 menit. Kesimpulannya adalah, burung mengalami masa tidak tidur secara musiman, dimana sebelumnya akan mengalami 'Nocturnal Restlessness', yaitu fase persiapan dimana susah beristirahat.

Setophaga striata
Blackpoll Warbler, menggemukkan badannya lebih dari 2 kali lipat dari ukuran normalnya beberapa minggu sebelum proses migrasi. Jenis burung ini melakukannya ketika hendak menempuh 3.700 km (2.300 mil) selama 86 jam non stop, dari Amerika Utara ke Barat Laut Amerika Selatan. Burung ini memiliki berat mencapai 9.7-21 g dan panjang 12.5-15 cm dengan kepakan sayap mencecah 20-25 cm.

Jenis Burung Selasphorus rufus 


Rufous Hummingbird merupakan burung terkecil yang bermigrasi paling jauh dari semua spesies hummingbird yang ada, dengan ukuran yang tidak berbeda jauh dengan Archilochus colubris yaitu, berat 2–5 g, panjang 7–9 cm serta kepakan sayap mencapai 11 cm. Satu perjalanan berangkat saja mereka menempuh jarak 3.219-4828 km (2000-3000 mil) melewati Rocky Mountain dengan catatan terjauh 6276 km (3,900 mil). Mereka berkembangbiak di Alaska dan juga menjalani musim dingin di Meksiko (Guerero). Pada musim semi, burung ini terbang menuju bagian utara pasifik, sedangkan pada musim gugur mereka terbang menuju ke selatan melewati lebih banyak daerah pegunungan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:18

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.