loading...

Jenis Makanan dan Masakan Khas Filipina

Posted by

Macam-macam Jenis Masakan dan Makanan Khas Negara Filipina Yang Sering Dijual di Kaki Lima 

Balot, Makanan Telur Berembrio Khas Filipina
 Ayam Panggang Khas Filipina, Chicken Inasal





Makanan ini bisa ditemukan hampir diseluruh penjuru sudut Metro Manila. Bisa disebut juga dengan ayam panggang atau bakar, tapi di Bacolod ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging direndam dalam campuran serai, calamansi (jeruk khas Filipina), garam, merica, dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achuete (biji annatto). Setiap bagian dari ayam yang dipanggang terdiri dari paa (paha), pecho (payudara), baticulon (tenggorokan), atay (hati), Pakpak (sayap), dan corazon (jantung). Lalu sajian itu sangat enak jika dihidangkan pula bersamaan dengan nasi bawang putih. Dan jangan lupa untuk mencelup daging terlebih dahulu ke dalam minyak jeruk.



Masakan Daging Khas Filipina Beef Caldareta





Ini tentunya makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negeri “Paman Marcos”. Beef Caldareta merupakan hidangan yang sangat lezat, yang dibuat dengan tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Sebagai contoh di Ilocos sendiri, sebuah provinsi di utara Filipina, mereka dapat memasak daging kambing dalam berbagai cara (panggang, goreng, dengan sup, dan lain-lain). Tapi dari semua itu, kambing Kalderetang masih merupakan yang favorit.


Makanan Unik Khas Filipina, Kwek-Kwek





Kwek-kwek biasanya adalah jajanan anak sekolahan. Penjual biasanya hanya menggunakan gerobak kaki lima lalu mulai beraksi disore hari. Siapapun sebenarnya, dari kalangan apapun, bisa menikmatinya. Harga yang murah dan terjangkau membuat jajanan ini sebagai salah satu yang terkhas dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Filipina. Jika pinggiran Indonesia banyak yang berjualan Martabak dan Pisang goreng. Di Filipina akan banyak anda temui berjualan Kwek-kwek. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus, kemudian dibalut tepung berwarna oranye dan digoreng hingga renyah. Versi lain dari makanan ini adalah tokneneng. Cara membuatnya sama dengan kwek-kwek, hanya saja terbaut tokneneng terbuat dari telur ayam.



Makanan Daging Ikan Mentah Khas Filipina, Kinilaw





Hidangan yang satu ini terbuat dari Ikan mentah, namun rasanya sangat lezat. Biasanya makanan ini dicampur dengan tuna mentah dan cuka dan jeruk, ditambah dengan cabai dan bawang untuk menambah rasa.


Roti Lembut Ala Filipina, Polvoron




 Jajanan yang satu ini sangat disukai oleh orang Indonesia juga. Setiap kali saya pulang Indonesia, tidak ada satupun orang kita yang tidak menghabiskan jajanan manis ini. Polvoron adalah roti lembut yang mudah hancur karena dibentuk dari butiran-butiran halus. Roti ini dibuat dari tepung, gula, susu, dan kacang. Menurut Wikipedia, Polvorone adalah jajanan populer di seluruh Spanyol dan daerah bekas jajahannya seperti di Amerika Latin dan Filipina. Secara tradisional jajanan ini sebetulnya disiapkan untuk bulan September hingga Januari tetapi sekarang sudah bisa dinikmati sepanjang tahun.


Chicken Adobo



 Makanan yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh rumah makan sederhana dipinggiran jalan di Filipina. Mirip dengan Bestik kalo di Indonesia. Dengan daging ayam yang dimasak dengan kecap asin dan dipadu dengan kentang, biasanya makanan ini sering disajikan juga ketika teman-teman sedang dalam perjalanan ke Filipina dengan pesawat.

Olahan Telur Khas Filipina, Balot



Balot adalah jajanan khas Filipina. Balot biasanya dibeli saat menjelang malam hari. Dan bagian paling enak menurut orang Filipina adalah tulangnya. Air dari balot juga hampir sama dengan sup ayam. Balot memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga dipercaya mampu membuat orang lebih kuat. Balot paling enak dimakan setelah usia 21 hari dimana janin bebek sudah membentuk paruh dan bulu. Biasanya, balot dimakan bersamaan dengan garam atau cuka dan semakin nikmat jika diminum dengan minuman berkarbonasi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:18

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.