loading...

Cara Menggunakan dan Membaca Alat Mikrometer

Posted by

Alat Ukur Mikrometer, Bagaimana Cara Menggunakan dan Membaca Hasil Pengukurannya?
Mikrometer. Mikrometer hampir mirip dengan jangka sorong tetapi hasil pengukurannya dipercaya lebih presisi atau lebih akurat dibandingkan dengan hasil pengukuran menggunakan caliper atau jangka sorong. Bagi anda yang sekolah atau kuliah di teknik mungkin tidak akan asing lagi yang namanya mikrometer yaitu alat ukur, sedangkan bagi anda yang belum mengetahui cara membaca alat ukur mikrometer bisa anda pelajari secara seksama teori untuk skala mikrometer. Silakan anda perhatikan gambar dan penjelasan tentang cara membaca mikrometer dibawah ini:




Hasil pengukuran dengan mengunakan mikrometer (Gambar 4.4.) biasanya lebih presisi dari pada menggunakan jangka sorong. Akan tetapi jangkauan ukuran mikrometer lebih kecil, yaitu sekitar 25 mm. Mikrometer memiliki ketelitian sampai dengan 0,01 mm. Jangkauan ukur mikrometer adalah 0-25 mm, 25–50 mm, 50-75 mm, dan seterusnya dengan selang 25 mm.

Cara membaca skala mikrometer:



1. Baca angka skala pada skala utama/barrel scale (pada Gambar 4.5. adalah 8,5 mm)
2. Baca angka skala pada thimble (pada posisi 0,19 mm)
3. Jumlahkan ukuran yang diperoleh (pada Gambar 1.6. adalah 8,69 mm).

Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Mikrometer

Mikrometer dapat mengukur tebal, panjang, diameter dalam, hampir sama dengan jangka sorong. Untuk keperluan khusus mikrometer juga dibuat berbagai macam variasi, akan tetapi kepala mikrometer sebagai alat pengukur dan pembacaan hasil pengukuran tetap selalu digunakan. Beberapa mikrometer juga dilengkapi penunjuk pembacaan digital, untuk mengurangi kesalahan pembacaan hasil pengukuran.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:00

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.