loading...

Bahaya dan Efek Samping Obat Diet Yang Perlu Diketahui

Posted by

Berikut ini adalah beberapa bahaya dan juga efek samping dari obat pelangsing serta kandungan bahan aktif yang ada pada obat pelangsing :

Metabolisme tubuh yang tidak terkontrol

Salah satu kunci sukses dalam mencapai berat badan yang ideal adalah dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka tubuh akan lebih cepat membakar kalori tubuh dalam kegiatan sehari-hari. Nah, dengan menggunakan obat pelangsing, proses metabolisme tubuh anda tidak akan terkontrol dengan baik.

Anda bisa jadi kurus dan langsung dengan minum obat pelangsing, namun efek sampingnya adalah metabolisme tubuh anda tidak akan bekerja dengan baik.

Apabila penggunaan obat berhenti, maka efeknya adalah kembali menjadi gemuk (ketergantungan)

Salah satu efek yang bahaya minum obat pelangsing yakni ketergantungan atau adiksi dapat membuat anda mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Biasanya ketergantungan akan obat pelangsing ini terjadi ketika anda harus terus mengkonsumsi obat pelangsing agar berat badan anda akan tetap terjaga.

Hal ini merupakan efek lanjutan dari tidak terkontrolnya metabolisme tubuh. Proses pembakaran hanya menggantungkan dari konsumsi obat pelangsing. Padahal seharusnya, pembakaran lemak wajib mengandalkan proses metabolisme tubuh.

Asupan nutrisi tubuh yang tidak terjaga

Ketika mengkonsumsi obat pelangsing, hampir 90% orang yang minum obat pelangsing tidak memperhatikan kebutuhan nutrisi dengan baik. Biasanya ketika mereka minum obat pelangsing, mereka malahan akan menahan lapar dan juga mengurangi gizi-gizi penting yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan berkurangnya asupan nutrisi tubuh, maka sudah dapat dipastikan anda akan mengalami penurunan berat badan yang sangat tidak sehat apabila mengkonsumsi obat pelangsing.

Mempercepat detak jantung

Efek samping dari bahaya minum obat pelangsing adalah dapat mempercepat detak jantung. Detak jantung yang menjadi lebih cepat memang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Namun demikian efek bertambah cepatnya detak jantung ini sangat berbahaya, apalagi intensitasnya dapat terjadi lebih sering dan menjadi tidak normal.

Memicu Pusing dan sakit kepala

Efek lainnya dari konsumsi obat pelangsing adalah dapat menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala. Biasanya rasa kepala sering pusing dapat muncul karena menurunnya proses metabolism tubuh. Hal ini juga diperparah dengan minimnya asupan gizi pada tubuh anda.

Efek samping Mual dan muntah

Selain dapat menimbulkan pusing dan juga sakit kepala, efek lainnya dari obat pelangsing adalah dapat menimbulkan rasa mual, dan juga dapat menyebabkan muntah. Ini biasanya merupakan salah satu efek samping dari bahaya minum obat pelangsing yang membuat anda menjadi seperti penderita bulimia. Dimana anda langsung memuntahkan isi perut anda setelah makan, hal ini juga sangat mempengaruhi asupan gizi dan nutrisi pada tubuh anda.

Dapat menimbulkan alergi

Beberapa obat pelangsing mungkin memiliki kandungan kimia tertentu yang mungkin dapa menimbulkan alergi. Tentu saja hal ini sangat buruk bagi anda, terutama yang memiliki kondisi tubuh yang sensitif akan bahan kimia tertentu. Hal ini akan memudahaknnya untuk mengalami alergi ketika mengkonsumsi obat pelangsing.

Bisa Kena Sembelit dan sulit buang air besar

Efek samping lainnya yang buruk bagi kesehatan adalah minum obat pelangsing dapat menyebabkan sembelit dan susah buang air besar. Beberapa obat pelangsing memiliki kandungan bahan kimia yang beberapa bahaya minum obat pelangsing malahan dapat menimbulkan sembelit dan juga menyebabkan kesulitan buang air besar pada konsumennya.

Menyebabkan Insomnia

Insomnia merupakan efek lanjutan dari menigkatnya detak jantung. Meningkatnya detak jantung secara berlebihan dan juga tidak normal akan membuat anda menjadi lebih sulit tidur dan mengalami insomnia. Padahal, salah satu faktor penting yang dapat membuat diet anda sukses adalah istirahat yang cukup.

Kandungan Pil Pelangsing

Pil diet yang dijual bebas maupun diresepkan dokter tersedia dengan kandungan bahan dan efek yang berbeda. Sebelum membeli atau mengonsumsinya, pastikan obat tersebut terdaftar di BPOM dan perhatikan nama kandungan yang tertera pada kemasan pil. Berikut ini adalah beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam pil pelangsing.

Bahan yang tergolong efektif

Berikut ini adalah bahan-bahan yang umumnya terkandung di dalam berbagai produk pelangsing. Bahan-bahan ini diperkirakan efektif untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti tidak mengandung risiko.

Orlistat

Cara kerja: mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubuh.

Efek samping:

Berat badan kembali naik jika pola hidup sehat seperti berolahraga tidak diterapkan
Kram perut, buang gas, lebih sering buang air besar.
Membuat tubuh sulit menyerap vitamin A, D, E, K dalam beberapa waktu.
Efek samping orlistat umumnya ringan dan bersifat sementara. Pil dengan kandungan ini dapat digunakan dalam jangka panjang, namun sebaiknya dikonsumsi setelah pasien menjalani diet rendah lemak. Pengguna obat ini juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin A, D, E dan K.

Orlistat yang diresepkan dokter diberikan dengan nama Xenical. Sedangkan yang dijual bebas diberikan dalam jumlah setengah dari dosis Xenical, dikenal dengan merek Alli.

Phentermine

Cara kerja: mengurangi nafsu makan.

Efek samping: diare, konstipasi, muntah, insomnia, tremor, sulit bernapas, nyeri dada, jantung berdebar, tekanan darah tinggi dan mengantuk sehingga membuat Anda tidak mampu melakukan aktivitas seperti mengemudi. Efek samping yang serius akibat phentermine tidak sering terjadi pada penggunaan jangka pendek.

Phentermine adalah amphetamine yang berisiko menyebabkan kecanduan. Selain diperlukan resep khusus untuk mendapatkannya, bahan ini sebaiknya juga hanya dikonsumsi dalam jangka waktu pendek yaitu beberapa minggu.

Sebaiknya dihindari oleh:

Ibu hamil dan menyusui.
Orang yang memiliki riwayat stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, gagal jantung kongestif, hipertiroidisme, glaukoma.
Orang yang punya riwayat penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
Phentermine yang diresepkan oleh dokter umumnya dinamakan Adipex atau Suprenza.

Kombinasi phentermine dan topiramate

Cara kerja: mengurangi nafsu makan.

Efek samping: tangan dan kaki kesemutan, kepala pusing, insomnia, konstipasi, mulut kering, cacat lahir pada ibu hamil yang mengonsumsi, gangguan mata, dan detak jantung lebih cepat.

Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh:

Wanita hamil atau yang berencana untuk hamil.
Pengidap hipertiroidisme, glaukoma, stroke, sakit jantung.
Obat yang dikenal dengan merek Qysmia ini dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Bahan yang belum terbukti keefektifannya

Bahan-bahan berikut juga sering terkandung dalam produk pelangsing. Namun sebenarnya belum ada penelitian yang cukup kuat dalam membuktikan bahwa bahan tersebut efektif menurunkan berat badan.

Ekstrak teh hijau

Manfaat yang bisa didapat: mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori serta lemak.

Efek samping: pusing, muntah, mual, buang gas, diare, insomnia.

Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pengidap: gangguan jantung, pendarahan, kecemasan, diare, sindrom iritasi usus, glaukoma, tekanan darah tinggi, osteoporosis, gangguan hati. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua cangkir teh hijau per hari.

Mengonsumsi ekstrak teh hijau tertentu diduga dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Namun bahan ini belum terbukti dalam menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Chitosan

Manfaat yang bisa didapat: menghambat penyerapan lemak.

Efek samping:

Mual, buang gas, konstipasi, sakit perut.
Chitosan diambil dari kulit terluar kerang, sehingga dapat berisiko mengakibatkan alergi.
Risiko pada wanita menyusui dan hamil tidak diketahui. Maka lebih baik hindari konsumsi chitosan di masa ini.
Biasa digunakan sebagai bagian dari penanganan gagal ginjal, periodontitis, dan pemulihan setelah operasi plastik. Namun belum ada bukti cukup bahwa bahan ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Chromium

Manfaat yang bisa didapat: meningkatkan pembakaran kalori dan mengurangi nafsu makan.

Efek samping: sakit kepala, perubahan mood, insomnia.

Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pengidap: gangguan hati dan ginjal, diabetes, depresi, skizofrenia, kecemasan.

Mengonsumsi chromium picolinate diprediksi dapat menurunkan berat badan sekitar 1 kg. Namun tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikannya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:25

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.