loading...

Agar Iman Tambah Kuat, Laksakan Hal Berikut Ini!

Posted by

Iman Bisa Naik dan Bisa Turun, Inilah Solusi Agar Iman Tetap Terjaga

Berkata Umair bin Hubaib rahimahullah: “Iman itu bertambah dan berkurang”. Beliau ditanya: “Apa tanda bertambah dan berkurangnya?”. Beliau menjawab: “Jika kita ingat Rabb kita dan takut kepadaNya maka itu adalah tanda bertambahnya. Namun, jika kita lalai, lupa dan menyia-nyiakanNya maka itu adalah tanda berkurangnya”. (Kitab Al-Iman karya Ibnu Abi Syaibah)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya iman itu adakalanya usang dalam diri seorang dari kamu seperti usangnya pakaian, maka mintalah kepada Allah agar memperbaharui keimanan dalam hati-hatimu.” (HR. Ath-Thabrani dari Ibnu Umar)

Sahabat Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu mengajarkan doa agar iman kita bertambah:

” اَلَّلهُمَّ زِدْنَا إِيْمَاناً وَيَقِيْناً وَفِقْهاً ”

Artinya: “Ya Allah, tambahlah untuk kami keimanan, keyakinan dan kefahaman.”

(Berkata Al-Hafidh Ibnu Hajar dalam kitabnya “Fathul Bari” 1/48: Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Al-Iman dan sanadnya shahih).

Sahabat Abu Ad-Darda Radhiyallahu ‘Anhu berkata:

“Termasuk diantara kepandaian seorang hamba adalah dia mengetahui apakah imannya bertambah atau berkurang, dan termasuk kepandaian seorang hamba pula adalah dia mengetahui godaan-godaan setan datang dari mana saja kepadanya”.

Sebab Bertambahnya Iman Ada Tujuh

Mempelajari ilmu agama.
Menghadiri majlis-majlis taklim karena majlis seperti ini menambah dan mempertebal keimanan sehingga majlis taklim disebut dengan “Majlis Iman”.

Membaca Al-Qur’an dengan tadabbur, berusaha memahami dan mengamalkannya.
Tidak diragukan lagi bahwa membaca Al-Qur’an dengan tadabbur, berusaha memahami dan mengamalkannya mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan kualitas keimanan kita karena banyak sekali nasehat dan pelajaran berharga di dalamnya.

Mempelajari sejarah hidup (sirah) Nabi dan Salafush Shaleh.
Melalui kajian sejarah hidup (sirah) Nabi dan Salafush Shaleh kita menjadi tahu berbagai macam sisi kehidupan Beliau dan mereka sehingga kita terdorong untuk menjadikan Beliau dan mereka sebagai suri tauladan.

Bersungguh-sungguh dalam beribadah dan memperbanyak amal sholeh seperti shalat, sedekah, puasa, haji, umrah, berdzikir, beristighfar, berdoa, menyambung tali silaturrahim dan berbuat baik kepada hamba-hamba Allah serta yang lainnya.
Para ulama bersepakat bahwa keimanan pasti bertambah dan meningkat jika kita banyak berbuat ketaatan dan amal sholeh.

Memperhatikan amalan-amalan hati seperti takut, cemas, cinta, berharap, tawakkal dan lainnya terutama membersihkan hati dari kotoran-kotorannya seperti iri, dengki, hasad, sombong, ujub dan lainnyq sehingga hati menjadi bersih.
Amalan hati adalah amalan dahsyat yang sangat besar pengaruhnya untuk meningkatkan keimanan dan menggapai ridha Allah. Cinta Allah, takut kepada Allah, berharap kepada Allah, tawakkal kepada Allah dan yang lainnya adalah inti tauhid. Juga membersihkan hati dari semua yang mengotorinya.

Bergaul dengan orang-orang baik dan menjauhi bergaul dengan orang-orang jahat.
Pergaulan kita sangat berpengaruh terhadap kualitas keimanan kita karena lingkungan akan mewarnai kehidupan dan diri kita.

Memperhatikan orang yang diatas kita dalam urusan agama dan orang yang dibawah kita dalam urusan dunia.
Memperhatikan orang yang diatas kita dalam urusan agama menjadikan kita termotivasi untuk menirunya dan memperhatikan orang yang dibawah kita dalam urusan dunia menjadikan kita selalu bersyukur kepada Allah dan tidak pernah meremehkan semua nikmatNya.

Sumber hidayatullah.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:43

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.