loading...

7 Macam Jenis Burung Cucak-Cucakan

Posted by

Jenis-jenis Burung Cucak-Cucakan, Dari Cucak Rawa sampai Cucak Cambang Merah

Burung CUCAK RAWA
Pycnonotus zeylanicus : straw-headed bulbul : barau-barau

Anda tentu sangat mengenal nama burung ini yang pernah ngetrend karena sering disebut-sebut dalam sebuah lagu berbahasa Jawa. Sedikit petikan lagunya...cucak rowo sing dowo buntute...dan seterusnya. Memang cucak rawa sudah lama digemari sebagai salah satu binatang piaraan dari jenis unggas/burung cucak-cucakan. Nurung jenis Cucak-cucakan yang satu ini sangat suka bermain di tepi hutan sekunder, di rawa dan pinggiran sungai.

Cucak Rowo atau Cucak Rawa mempunyai nama latin Pycnonotus zeylanicus (Gmelin, 1789) dan dalam bahasa Inggris kerap dinamai Straw-headed Bulbul, dan Straw-crowned Bulbul. Burung pengicau dari famili Pycnonotidae ini dikenal sebagai burung bersuara mewah dan khas. Suara kicauan burung Cucak Rowo sebenarnya kurang variatif dibanding jenis burung pengicau lainnya. Tapi, terutama oleh para pencinta burung, suara burung ini dikenal membahana, khas, dan mempunyai daya tarik tersendiri. Cucakrowo pun tidak termasuk burung yang piawai meniru suara kicauan burung lainnya.

 

Cucak Rawa
Burung cucak rawa ini memiliki ukuran tubuh pada saat dewasa 28 cm, dan memiliki ciri ,memiliki mahkota pada kepalanya berwarna jingga, punggung berwarna cokelat dan beroret putih,bagian perut dan dada berwarna abu-abu, paruh hitam dan memiliki iris mata berwarna merah lebih jelasnya anda bisa lihat gambar. Pesebaran Globalnya berada di Semenanjung Sunda Besar dan Malaysia .


BURUNG CUCAK MUTIARA
Dikenal dengan nama latin Pycnonotus tympanistrigus : Spot-nacked Bulbul

Burung Cucak Mutiara

Burung ini biasa berhabitat di hutan sekunder dan biasa di bawah atau di pinggir hutannya dalam ketinggian 600 sampai 900 di atas permukaan air laut, burung ini memiliki ciri ukuran tubuh 16 cm,tubuh bagian bawah berwarna paduan coklat dan putih berbintik,mahkota berwarna cokelat.

BURUNG CUCAK SAKIT TUBUH

Pycnonotus melanoleucos : Black-and-White Bulbul

Salah satu jenis burung cucak-cucakan yang memiliki nama unik adalah jenis yang satu ini, simak saja namanya ..cucak sakit tubuh. Penulis sendiri juga baru tahu kalau ada burung jenis cucak-cucakan yang bernama demikian aneh. Tetapi biarlah apa artinya sebuah nama, untuk penampakan burungnya sendiri anda bisa lihat dibawah ini.

Burung Cucak Sakit Tubuh
Burung ini memiliki ciri warna tubuh semua hiatam dan memiliki corak putih di bagian sayapnya.

BURUNG CUCAK KURICANG
Pycnonotus atriceps : Black-headed Bulbul : Merbah Siam

Jenis burung cucak yang satu ini memiliki warna yang lembut kehijau-hijauan.
Cucak Kuricang
Burung ini biasa hidup dalam satu kelompok berjumlah 8 ekor, burung ini memiliki ciri kepla berwarna hiatam dam mengkilao kebiruan,bulu bagian tubuh hampir di dominasi warna kuning zaitun dan di hiasi coretan-coretan hitam, lebih jelas bisa anda pada gambar.

BURUNG CUCAK KUNING
Pycnonotus melanicterus :Black-crested Bulbul: Merbah Jambul Hitam

Satu lagi jenis burung cucak-cucakan yang memiliki warna dan bentuk yang khas. Dengan dominasi warna kuning pada tubuhnya dan dihiasi jambul warna hitam menjadikan burung ini sedap dipandang.

Cucak Kuning



BURUNG CUCAK BERSISIK
Pycnonotus squamatus : Scaly-breasted Bulbul:Merbah Bersisik

Burung cucak bersisik ini sangat unik jika anda perhatikan warna pada bulu dadanya. Warna sisik pada bulu dada burung ini mengingatkan orang dengan warna sisik yang terdapat pada burung jenis elang. Sisik ini juga membuat burung cucak yang satu ini terlihat lebih gagah.

Cucak Bersisik




BURUNG CUCAK CAMBANG-MERAH: KUTILANG MALAYSIA
Pycnonotus jocosus:Red-whiskered Bulbul:Merbah Telinga Merah

Cucak Cambang Merah

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:56

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.