loading...

Wisata Sejarah, Museum Satria Mandala Jakarta

Posted by

Wisata Sejarah Militer Yang Layak Dikunjungi, Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala yang berdiri di atas lahan seluas 5,6 hektar ini tak hanya tampak megah namun juga sejuk karena banyak pepohonan yang bernaung di sini. Nuansa militer terasa amat kental ketika melewati tulisan "Selamat Datang Di Museum Satria Mandala", kira-kira 50 meter di belakang tulisan tersebut tampak kapal laut dan pesawat peninggalan TNI. Bahkan ketika melangkah lebih jauh ke dalam menuju museum, mobil dan meriam TNI Angkatan Darat berjajar di samping kanan dan kiri.

Museum Satria Mandala awalnya merupakan kediaman Dewi Soekarno. Sebelum museum ini didirikan atau sebelum dibangun tahun 1971 dan diresmikan tahun 5 Oktober 1972 yang bertepatan hari TNI, tempat ini sebelumnya bernama Wisma Yaso yaitu tempat tinggal Dewi Sukarno. Berdasarkan ide dari Prof. Nugroho Noto Susanto (Kapusjarah TNI yang pertama) untuk membuat sebuah museum TNI untuk mengkonter lawan TNI atau pemerintah, maka didirikanlah museum ini.

Museum Satria Mandala memiliki tiga pesan yang ingin disampaikan ke masyarakat, yaitu hari lahirnya kemerdekaan Indonesia atau 17 Agustus 1945. Sehari setelah kemerdekaan yaitu 18 Agustus 1945, dalam momen ini Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta didaulat sebagai sebagai Presiden dan Wakil Presiden oleh Pantia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Yang terakhir adalah hari lahirnya TNI, 5 Oktober 1945, dimulai dari nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) hingga berevolusi sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan embrio dari TNI.


Terdapat sebanyak 71 diorama (miniatur tiga dimensi) tentang cuplikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu didukung dengan peralatan militer dan benda-benda peninggalan para pahlawan,” lanjutnya.

Adapun benda-benda peninggalan dari para pejuang yang pertama adalah peninggalan panglima TNI Jendral Sudirman seperti tas, telpon, hingga tandu Jendral Sudirman yang merupakan master piece-nya Museum Satria Mandala.

Didalam ruang panji-panji yang merupakan jantung Museum Satria Mandala digambarkan secara simbolik tentang misi utama TNI sejak berdirinya hingga saat ini. Beberapa benda yang tersimpan di sini adalah replika teks proklamasi yang terukir pada marmer, replika panji-panji TNI seperti panji-panji Hankam, TNI-AD, TNI-AU, dan Polri serta lambang-lambangnya.

Terdapat juga Tandu Jenderal Sudriman yang tersimpan di dalam kaca besar. Selain itu, dipamerkan pula foto-foto yang menggambarkan Jendral Sudirman saat menjabat sebagai Panglima. Pada dinding ruangan tercantum salah satu ucapannya yang terkenal yaitu, "TNI lahir karena Proklamasi dan bersumpah mati-matian hendak mempertahankan kesucian Proklamasi 17 Agustus 1945." Sedangkan di dalam lemari kaca terdapat relic seperti tanda-tanda jasa yang dihadiahkan oleh pemerintah setelah beliau meninggal.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:55

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.