loading...

Tempat Tujuan Wisata Di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Posted by

Obyek Menarik Tujuan Wisata Kabupaten dan Kota Pasuruan Yang Layak Dikunjungi

Gerbang Kota Pasuruan Jawa Timur

Wisata Air di Pasuruan, Pantai Lekok
Pantai Lekok
Pantai Lekok, selain menikmati pemandangan pantai dan laut yang eksotis, anda juga bisa melihat banyak pertunjukan rakyat. Antara lain ski di atas lumpur atau celot alias ski lot. Olahraga ini adalah budaya tradisional masyarakat nelayan Pantai Lekok. Biasanya ski lot digelar setiap tahun pada hari Lebaran Ketupat.

Wisata Air, Danau Ranu Grati

Ranu Grati merupakan destinasi sebuah danau alam yang terletak di kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dengan luas 1085ha. Fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan perahu boat, sepeda air, dan pemancingan. Untuk pengunjung tersedia rumah makan apung dengan menu khas sate ikan pati.

Wisata Sejarah di Kab. Pasuruan, Candi Belahan

Candi Belahan ini terletak di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol-Pasuruan Candi yang posisinya berada di lereng Gunung Penanggungan ini merupakan candi petirtaan tempat pertapaan Prabu Airlangga beserta kedua istrinya setelah turun dari tahta diwujudkan sebagai Dewa Wisnu naik Garuda. Pada patung Dewa Wisnu digambarkan bertangan empat, tangan kiri belakang memegang sangka, tangan kanan belakang memegang cakra dan dua tangan depan bersifat mudra. Keunikan pada candi ini adalah terdapatnya sumber mata air yang keluar dari tetek atau payudara dari Dewi Laksmi dan Dewi Sri yang merupakan lambang amarta.

Wisata Sejarah, Candi Jawi

Candi Jawi yang terletak di tepi jalan yang menghubungkan Pandaan=Prigen merupakan sebuah situs purbakala dari zaman Singosari. Candi jawi merupakan candi yang berfungsi sebagai tempat pendarmaan. Candi ini dibangun pada abad 13. Candi ini merupakan percampuran Hindhu-Budha, arsitektur Budha tampak dari puncak candi yang berbentuk seperti Stupa. Bagi wisatwan yang ingin berkunjung ke Tretes, candi Jawi merupakan tempat persinggahan yang pas sebelum melanjutkan perjalanan khususnya saat bulan purnama pada tanggal 15 bulan jawa terdapat pagelaran seni dan budaya di pelataran Candi Jawi.


Wisata Air Laut, Pantai Penunggul


Pantai Penunggul
Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, menyiapkan hutan bakau di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling menjadi destinasi wisata laut di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo.

Wisata Alam, Pemandian Alam Banyu Biru

Banyu Biru
Pemandian Alam Banyu Biru adalah tempat anda melepas lelah sambil berenang. Pemandangannya masih alami. Banyak pohon dan tetumbuhan rindang. Di kolam ada juga ikan sengkaring, yang dikeramatkan. Ga ada warga yang menyentuhnya. Panjang ikan sengkaring bisa mencapai satu meter. Pemandian Alam Banyu Biru sudah dikenal sejak jaman Belanda. Buktingnya ada foto kuno tahun 1900-an koleksi KILTV dan Tropen Museum Belanda. Turis Eropa juga masih suka kesini. Dulu tempat ini konon bernama Telaga Wilis, dan masih banyak monyetnya.

Wisata Alam Pasuruan, Air Terjun Gumandar
Add caption

Air Terjun Gumandar ini cukup unik karena tidak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebingnya, namun langsung masuk ke tanah untuk diserap dan kemudian keluar lagi lewat sumber air disekitar pemukiman penduduk. Terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak 7 km dari desa terdekat, Dayurejo. Perjalanan ke sana membutuhkan ketahanan fisik. Dengan bus jurusan Surabaya Malang, turunlah di Sukorejo, daerah di dekat Pandaan. Dari sini naiklah ojek sampai ke sekolah alam Kaliandra dengan ongkos sekitar Rp 15.000,-. Bila beruntung mungkin tukang ojek yang nekad akan mengantar sampai batas hutan.

Wisata Alam Kab. Pasuruan, Air Terjun Sumber Nyonya
Add caption

Air Terjun Sumber Nyonya ini merupakan air terjun yang tergolong aman karena air tidak langsung jatuh ke tanah, dimana air yang jatuh terlebih dahulu mengenai bebatuan yang berada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tidak ada tempat yang dalam di sekitar hempasan air. Air terjun ini terletak di areal perkebunan kopi penduduk. Keberadaan air terjun ini tidak jauh dari Wanawisata Bukit Flora. Terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

Wisata Alam, Air Terjun Coban Cemoro Gading

Add caption
Coban Cemoro Gading merupakan air terjun tertinggi di kawasan Nongkojajar. Sama seperti Air Terjun Sumber Nyonya, Coban Cemoro Gading juga tergolong tidak berbahaya sebab air yang jatuh langsung mengenai batu sehingga tidak ada tempat kubangan air yang dalam. Tempat ini tergolong sulit dijangkau karena letaknya yang sangat jauh. Terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

Wisata Alam, Air Terjun Coban Waru
Add caption

Coban Waru juga dikenal sebagai Coban Joyo atau juga Coban Wonosari. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Curah hujan di kawasan ini rata-rata 1.800 mm/th dengan bulan basah antara November sampai Maret dan bulan kering antara bulan April hingga Oktober yang mencapai suhu sekitar 22°C. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Kondisi alamnya yang masih perawan dan udaranya yang sejuk akan membuat pikiran lebih tenang dan tidak ingin beranjak dari tempat ini. Terletak di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 20 km dari ibukota Kecamatan Purwodadi.

Wisata Alam, Air Terjun Coban Baung
Add caption

Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terletak di dalam Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung yang memiliki luas 195,50 Ha. Air terjun ini bergandengan dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji Selain Coban Baung, di sisi timur lokasi terdapat empat buah air terjun dengan ketinggian 10 – 20 meter yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji. Terletak di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 65 km dari Surabaya dengan waktu tempuh sekitar 90 menit atau 30 km dari Malang dengan waktu tempuh 45 menit.


Wisata Alam Pasuruan, Air Terjun Rambut Moyo
Add caption
Nama Rambut Moyo konon berasal dari nama makam Mbah seorang tokoh yang namanya diabadikan untuk identitas air terjun tersebut. Sesuai dengan namanya, aliran air terjun ini mirip rambut, tipis namun tersebar banyak. Di bebatuan yang dilewati aliran air terjun banyak ditumbuhi lumut tebal berwarna hijau dengan banyak batu-batu besar berserakan disekitarnya. Air terjun Rambut Moyo berada di kawasan pegunungan Bromo-Tengger pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut (dpl) dan terdiri dua tingkatan dimana bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya. Ketinggian terjunan air ini sekitar ± 40 meter dengan telaga kecil yang airnya cukup dangkal dibawahnya. Terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 25 km ke selatan dari Kota Pasuruan. Jika dari Ibukota Kecamatan Tutur, Nongkojajar dapat tempuh sekitar 45 menit. Untuk mencapai air terjun sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum hanya sampai di Nongkojajar. Bagi yang tetap menggunakan kendaraan umum dapat meneruskan perjalanan dengan naik ojek di Nongkojajar.


Wahana Wisata Alam Buatan di Pasuruan, Taman Safari Indonesia II

Taman safari merupakan obyek wisata nasional yang merupakan Lembaga Konservasi Ex-situ dan Pusat penangkalan satwa langka yang mempunyai fungsi konservasi, penelitian dan rekreasi. Terletak di kaki Gunung Arjuno dengan ketinggian 800-1500 dan koleksi binatang liar dari 150 negara. Mudah dijangkau hanya 1jam dari kota Pasuruan dan Surabaya. Area 140ha terdiri atas 3 kawasan, yaitu. American dan European Zone, Asian Zone dan African Zone. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi satwa yang menarik diantaranya: Dolphin island acrobatic, Elephant Presentation, Wildlife Presentation bird of prey show tiger and lion kingdom, water wold and stuntman show with hollywood and the temple of terror.

Fasilitas permainan dapat dinikmati bersama keluarga seperti Roller Coaster, bom-bom boat, rumah hantu, Safari swinger, dll. Disana juga tersedia cinderamata bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh.

Wisata Buatan, The Taman Dayu Golf

The Taman Dayu merupakan obyek wisata yang bertaraf internasional dan mempunyai keunikan daya tarik yang tinggi bagi wistawan terutama bagi golfer pecinta tantangan. Program yang ditawarkan antara lain. Academy Teaching Method, Lesson package, and half day package include. Selain untuk olahraga Golf, juga tersedia fasilitas untuk rekreasi dan hiburan seperti Spa, splash waterpark, the pavilion, the residence, pines mountain and forrest adventure, food veranda and food terrace. Lokasi ini terletak di kaki Gunung Welirang Pandaan, dan dapat dicapai 45 menit dari Surabaya dan Malang.

Wisata Air Terjun, Kakek Bodo Waterfall

Air terjun kakek bodo mempunyai tinggi 40m yang dikelilingi hutan pinus akasia. Fasilitas yang tersedia yaitu taman rekreasi untuk anak-anak dengan berbagai macam alat permainan, area camping ground. Tidak jauh dari tempat wisata tersebut terdapat penginapan homestay yang menyediakan berbagai macam bunga hias dan buah-buahan yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung. Informasi lengkap Wana Wisata Kakek bodo, telp (0343) 884670.

Wisata Alam Kab. Pasuruan, Agro wisata Bukit Alam dan Bukit Flora

Agrowisata bukit alam ini berada di daerah Nongkojajar Pasuruan, tepatnya di desa Ngembal, Kecamatan Tutur. Wisatawan dapat menikmati sensasi buah-buahan tropis, disana jga terkenal dengan agrowisata petik apel dan bunga krisan. Bukit Flora merupakan salah satu agro yang terletak di desa Tutur, 3km dari Nongkojajar. Wisata ini memiliki suasana yang dingin dan nyaman untuk dikunjungi. Di bukit Flora juga terdapat beraneka ragam tanaman seperti anggrek, krisan dan cara penanamannya. Bagi wisatawan yang ingin menginap, disana juga disediakan Vila dengan 4 kamar dan bisa menampung 100 orang. Berkunjung kesana selain untuk rekreasi juga bisa dijadikan ajang edukasi untuk anak-anak mengenal berbagai jenis tumbuhan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:48

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.