loading...

Penyebab Bulu Kambing Rontok, Pengobatan dan Pencegahannya

Posted by

Mengapa Bulu Kambing Rontok? Apa Penyebabnya? Bagaimana Cara Mengatasinya?



Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab bulu kambing rontok:

Bulu Kambing Rontok Akibat Serangan Parasit dan Jamur

Parasit Kambing yang berupa cacing jenis pemotong (Haemonchus contortus) adalah contoh dari parasit internal. Ia tinggal di daerah bebulu lebat, dan kambing atau domba dapat menelan mereka saat menyusui. Mange (Sarcoptes scabiei) dan kutu adalah parasit eksternal yang hidup pada kulit hewan. Kurap adalah jamur yang menyebabkan bulu bisa putus di atas kulit

Bulu Kambing Rontok Karena Hormon 

Kambing atau domba betina, atau tidak, kadang-kadang bisa kehilangan bulu sebelum, selama atau setelah melahirkan seekor anak atau bayi kambing atau domba. Hal ini disebabkan fluktuasi ( naik turun) hormon, termasuk estrogen. Kambing atau domba jantan juga dapat kehilangan bulu ketika dikebiri dari hilangnya hormon

Rontoknya Bulu Kambing Karena Trauma dan Stres 

Stres pada kambing atau domba atau domba juga disebabkan karena cedera fisik, penyesuaian diri di tempat yang baru atau juga karena perjalanan jauh. Kambing atau domba yang sedang stres biasanya ditandai dengan menggosok gosokkan bagian tubuhnya di dinding kandang atau benda sampai bulunya ada yang rontok.

Penyebab Bulu Kambing Rontok Karena Kekurangan Vitamin dan Mineral 

Kekurangan zat Seng, vitamin A, yodium atau kekurangan selenium dapat menyebabkan bulu pada kambing atau domba rontok. Pakan fermentasi memungkinkan kambing atau domba mampu mencerna makan dengan lebih baik, mikroba menguntungkan yang membantu memperbaiki pencernaan sekaligus mengurangi dampak stress akibat factor external juga mampu memperbaiki selera makan kambing atau domba. pakan fermentasi akan membantu mengatasi kerontokan lebih cepat.

Cara Mengobati dan Mencegah Bulu Kambing Rontok

Cara Pengobatatan paling manjur untuk mengatasi kerontokan bulu kambing adalah membasmi sumbernya semisal cacing dan kutu, juga mengatasi stress pada kambing tersebut. Sebab secara alamiah bulu kambing akan tumbuh kembali tanpa diberi obat apapun. Dan kedua adalah mencegah agar sebab sebab sebelumnya tidak datang kembali.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:49

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.