loading...

Jangan Berlebihan Konsumsi Daun Pepaya, Ini Bahayanya!

Posted by

Loading...
Efek Samping Daun Pepaya Jika Dikonsumsi / Dimakan Secara Berlebihan

Dalam jumlah yang sewajarnya, daun pepaya sangat bermanfaat untuk dijadikan sayuran yang menyehatkan karena memang daun pepaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Tetapi apa yang akan terjadi jika daun  pepaya dikonsumsi dalam jumlah berlebihan? Ini efek samping daun pepaya jika dimakan secara berlebihan:



Bahaya Bagi Ibu Hamil Jika Konsumsi Daun Pepaya Berlebihan
Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain. Enzim papain memiliki kemiripan fungsi dengan oksitosin dan prostaglandin. Oksitosin dan prostaglandin merupakan hormon yang biasa digunakan untuk menginduksi persalinan dan meningkatkan kontraksi. Dengan kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan aborsi pada ibu hamil jika mengonsumsi daun pepaya berlebihan.

Hati-hati terhadap Efek Antikoagulan (Pengencer Darah)Pada Daun Pepaya
Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa enzim papain memiliki potensi untuk meningkatkan efek pengenceran pada darah.

Purin Pada Daun Pepaya Bisa Menyebabkan Asam Urat Jika Dikonsumsi Berlebihan
 Daun pepaya memiliki kandungan purin, purin merupakan salah satu zat yang memicu terjadinya asam urat. Konsumsi daun pepaya berlebih akan menyebabkan kandungan purin yang masuk di dalam tubuh menjadi tinggi. Penumpukan purin yang tinggi di dalam tubuh ini yang akan memicu terjadinya asam urat.

Hati-hati Untuk Penderita Gangguan Batu Ginjal
Dari 100 gram daun pepaya diketahui memiliki kandungan 140mg vitamin C. Kandungan tersebut ternyata melebihi nilai harian yang direkomendasikan untuk pemakaian vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dosis dari vitamin C ini dapat menjadi racun, salah satunya yaitu mampu memicu terjadinya pembentukan batu ginjal.

Konsumsi Berlebihan Daun Pepaya Bisa Meningkatkan Gangguan Pernapasan
Efek samping daun pepaya seperti gangguan pernapasan muncul sebagai akibat dari adanya reaksi alergi yang kuat terhadap enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya. Reaksi alergi ini biasanya muncul sebagai akibat dari konsumsi daun pepaya yang berlebihan. Keluhan gangguan pernapasan yang ditimbulkan antara lain asma, mengi dan tersumbatnya jalan nafas pada saluran hidung.

Memperlambat Detak Jantung
Kandungan papain dalam daun pepaya dikenal mampu memperlambat laju detak jantung dengan cara yang berbahaya, salah satunya dengan memicu terjadinya kardiovaskular.

Menyebabkan Sakit Perut Saat Konsumsi Daun Pepaya Terlalu Banyak
Banyak mengkonsumsi daun pepaya akan memicu berlimpahnya asupan serat dan lateks. Tingginya kandungan serat dan lateks ini menjadi penyebab utama terjadinya keluhan sakit perut. Zat-zat tersebut juga diketahui mampu mengiritasi perut yang akhirnya akan memicu sensasi mual yang tidak menyenangkan.

Daun Pepaya Bisa Mengakibatkan Sembelit Jika Dimakan Secara Berlebihan
Daun pepaya dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Asupan serat yang tinggi ini juga harus diiringi dengan konsumsi air putih yang tinggi juga. Kuantitas air ini diperlukan untuk mengimbangi ketersediaan serat di dalam tubuh. Tingginya kandungan serat di dalam tubuh jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup akan menyebabkan pengerasan feses (tinja). Pengerasan kotoran ini akan menimbulkan kesulitan dalam buang air besar (BAB) yang tak jarang akhirnya menyebabkan sembelit.

Fungsi Syaraf Bisa Terganggu Jika Konsumsi Daun Pepaya Terlalu Banyak
Zat lain dalam daun pepaya yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan misalnya karpain. Konsumsi daun pepaya yang berlebih akan meningkatkan ketersediaan karpain di dalam tubuh. Jumlah tinggi karpain akan menurunkan denyut nadi yang akan mempengaruhi fungsi sistem saraf.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:34

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.