loading...

Efek Samping Makan Pisang Berlebihan

Posted by

Berapa banyak kita boleh makan pisang tiap hari? Adakah bahaya jika berlebihan makan buah pisang?

Ternyata ada beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi jika anda mengkonsumsi secara berlebih buah pisang.

Ketidakseimbangan Hormon estrogen dan androgen

Pisang memiliki kandungan Xenobiotik, dimana kandungan ini akan mempengaruhi keseimbangan hormon. Kandungan zat ini akan mempengaruhi produksi estrogen pada wanita dan androgen pada pria. Jika di konsumsi dalam takaran yang wajar, maka pisang akan berpengaruh positif, seperti perbaikan sistem saraf, gangguan tidur, dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Sedangkan jika dikonsumsi berlebihan, pisang akan membuat keseimbangan hormon menjadi kacau sehingga berakibat pada haid yang tidak teratur pada wanita, atau kelelahan yang berlebih.

Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah, suatu kondisi dimana saluran peredaran darah terganggu, sehingga mengakibatkan berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya, salah satu yang paling umum adalah penyakit jantungkoroner. Pisang memiliki kandung magnesium yang cukup tinggi, jika di konsumsi secara berlebih, terutama ketika perut dalam keadaan kosong, kandungan magnesium ini akan berefek negatif pada tubuh. Gangguan pada kardiovaskular ini terjadi ketika di dalam darah kandungan magnesium dan kalsium tidak seimbang. Kandungan magnesium yang berlebih pada darah tersebut akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Meski demikian sebenarnya kandungan magnesium justru di butuhkan oleh tubuh untuk perlindungan terhadap penyakit jantung koroner, sekali lagi hal yang menjadikannya berbahaya adalah ketika perut dalam keadaan kosong.

Bisa Sebabkan Sembelit

Ini adalah bahaya yang paling umum diketahui, ya memakan terlalu banyak buah pisang bisa menyebabkan susah buang air besar atau sembelit. Hal ini terutama dipengaruhi oleh tingkat kematangan buah pisang, dimana pisang yang belum matang akan membuat resiko terkena sembelit menjadi lebih besar. Buah pisang yang mentah memiliki kandungan pati yang akan mempengaruhi proses pencernaan.

Namun disisi lain, pisang memiliki kandungan kalium di dalamnya, yang justru bagus untuk pencernaan. Dengan kandungan kalium yang dimiliki, buah pisang bisa dijadikan sebagai obat pereda diare.

Resiko bahaya Penyempitan pembuluh darah

Hal ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan tiramin, yang juga terdapat pada keju. Zat Tiramin ini akan menyebabkan efek vasokonstriksi vaskular, atau penyempitan pembuluh darah, yang mengakibat terganggunya peredaran darah. Efek yang terasa secara langsung dirasakan oleh penderita migrain, stroke, dan sakit jantung, karenanya untuk yang mengidap penyakit tersebut disarankan mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Bahaya Jika Kelebihan Kalium

Bagaimanapun tubuh membutuhkan asupan kalium untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, tentu dalam batasan tertentu, dan kekurangan kalium pun akan menimbulkan resiko buruk untuk kesehatan. Pisang memiliki kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh manusia, karenanya para pakar kesehatan merekomendasikan buah pisang sebagai salah satu sumber asupan kalium yang baik untuk tubuh, tentu saja dalam jumlah yang wajar.

Apa jadinya jika mengkonsumsi terlalu banyak kalium ? Sebuah istilah dikenal dengan Hyperkalemia, yaitu sebuah kondisi terlalu banyak memiliki kalium pada tubuh. Kondisi ini ditandai dengan pelemahan otot, kelumpuhan sementara, dan detak jantung yang tidak teratur. Mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang ekstrim akan meningkatkan resiko terkena penyakit ini.

Meningkatkan Kandungan Gula Darah

Khususnya untuk penderita diabetes, kandungan gula yang terdapat pada pisang justru akan menimbulkan efek negatif terutama jika di konsumsi secara berlebih. Selain itu, kandungan gula pada pisang, terutama glukosa, akan menimbulkan efek lain, yaitu kerusakan pada gigi. Dalam level tertentu, mengkonsumsi pisang dengan jumlah terlalu banyak memiliki efek yang sama dengan mengkonsumsi sejumlah permen.

Namun meskipun demikian, buah pisang memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah kandungan serat yang cukup tinggi. Karena itu anda tidak perlu khawatir dengan resiko yang terdapat pada buah pisang selama anda mengkonsumsinya dalam takaran yang wajar.

Selain itu direkomendasikan juga, agar mengetahui kandungan apa saja yang ada didalam pisang, hal ini untuk menghindari kandungan zat-zat yang tidak baik untuk tubuh dalam keadaan tertentu, seperti kandungan gula untuk penderita diabetes misalnya. Secara umum, Disarankan mengkonsumsi buah pisang dalam sehari tidak lebih dari 2 atau 3 buah pisang.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:09

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.