loading...

Edamame, Kedelai Jepang Yang Menyehatkan

Posted by

Manfaat Edamame Bagi Kesehatan Jantung dan Organ Tubuh Lainnya

Bukan rahasia lagi jika kedelai merupakan sumber protein, lemak, serat, dan antioksidan terbaik. Sejak kepopuleran edamame (kedelai Jepang) sebagai camilan maka cara pandang masyarakat terhadap kedelai pada umumnya juga semakin meningkat. Edamame dipanen ketika kedelai ini baru 80 persen matang. Yang membedakan edamame dengan kedelai lain adalah bijinya lebih besar, teksturnya halus, rasanya lebih manis, dan lebih mudah dicerna. Edamame mengandung antioksidan dan isoflavon. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dikaitkan dengan penguatan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Isoflavon juga terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause. Sementara itu, kandungan protein di dalam edamame mencapai 36 persen, jauh lebih tinggi dibanding kedelai matang. Panganan ini juga mengandung minyak yang rendah. Dikombinasikan dengan kandungan proteinnya yang tinggi, camilan ini sangat ideal untuk mereka yang ingin mencari panganan rendah lemak, tetapi tinggi protein.

Penganut vegetarian dan vegan yang ingin mengasup sumber protein juga disarankan mengonsumsi edamame karena kandungan proteinnya lengkap. Ini berarti ia mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Edamame juga tidak mengandung Kolesterol dan sedikit lemak jenuh. Panganan ini juga kaya vitamin C dan B. Kandungan lainnya adalah mineral penting seperti kalsium, zat besi, atau magnesium. Ia juga mengandung vitamin K dan asam folat. Menambahkan edamame dalam pola makan Anda akan meningkatkan asupan serat. Setengah cangkir edamame mengandung 4 gram serat. Kandungan serat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna hingga menurunkan Kolesterol. Edamame juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Edamame umumnya di Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang. Edamame adalah salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Edamame adalah satu-satunya sayuran yang dapat memberikan Anda 9 asam amino esensial yang biasanya Anda dapatkan dari daging ataupun telur. Secangkir edamame mengandung 120 kalori, 9 gram serat, 2.5 gram lemak, 11 gram protein, dan 13 gram karbohidrat. Selain itu edamame juga rendah karbohidrat dan lemak.
Ringkasan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi edamame seperti dilansir dari healthmeup.com.
  • Edamame penuh dengan zat antioksidan sehingga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Edamame mengandung isoflavon yang diyakini dapat mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.
  • Edamame dapat memperingan gejala menopause.
  • Edamame kaya akan vitamin K yang diperlukan untuk pembekuan darah dan mencegah osteoporosis serta alzheimer.
  • Edamame dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung serta dapat menurunkan tekanan darah.
  • Edamame kaya akan vitamin B dan vitamin C serta merupakan sumber alami vitamin E dan asam folat. Edamame juga kaya akan salah satu zat antioksidan yang disebut daidzein yang dapat memperpanjang umur.
  • Edamame memiliki sifat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah Anda dari penyakit yang berkaitan dengan peradangan.

Manfaat Edamame Bagi Ibu Hamil

Manfaat edamame bagi ibu hamil adalah melancarkan ASI. Di Jepang, edamame dapat dimasak sebagai sup atau digunakan sebagai camilan yang gurih rasanya. Edamame mengandung vitamin C, K, zat besi, magnesium, riboflavin, protein, mangan, kalium, fosfor.

Kedelai jepang sangat bagus karena kaya protein yang dapat menggantikan makan ikan, ayam, daging, dan protein hewani lainnya. Pada kedelai jepang terdapat senyawa mirip estrogen yang dinamakan fitoestrogen. Senyawa ini terbukti dapat menghambat pengeroposan tulang.

Wanita jepang gemar mengkonsumsi produk olahan kedelai ini sehingga usia menopause tinggi dan jarang mengalami keluhan sakit pasca menopause. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E, A, dan vitamin lainnya yang mampu meningkatkan keremajaan kulit hingga memperbaiki sel organ dalam terpenting bagi tubuh.

Kandungan vitamin E juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi penurunan pigmen di rambut sehingga warnanya tidak mudah berubah menjadi putih.

Kedelai Jepang


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:10

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.