loading...

Dampak Negatif Konsumsi Daun Kemangi Jika Berlebihan

Posted by

Adakah Efek Negatif dan Bahaya Daun Kemangi Bagi Kesehatan?

Anda penggemar lalapan? Tentu tidak asing lagi dengan yang namanya daun kemangi atau dikenal juga dengan tanaman selasih. Saat anda memakan hidangan seperti ayam panggang, lele goreng dan ikan bakar biasanya daun kemangi menjadi lalapan ayng tidak pernah ketinggalan.

Daun Kemangi / Selasih
Memang rasa daun kemangi yang khas banyak disukai orang disamping itu jika dimakan bersama dengan hidangan ikan laut atau air tawar bisa mengurangi rasa amis pada kan tersebut.

Daun kemangi juga sering digunakan untuk campuran masakan, terutama masakan yang berbahan dasar ikan laut dan ikan air tawar karena kemampuannya untuk mengurangi rasa amis dan juga semakin menyedapkan masakan.

Tetapi adakah bahaya dan efek samping jika kita mengonsumsi daun kemangi terus menerus dalam jumlah besar dan jangka lama?

Daun kemangi sebenarnya sangat aman dikonsumsi dan banyak manfaatnya jika cara dan jumlah daun kemangi yang dikonsumsi tidak berlebihan dan sewajarnya saja. Pemakaian daun kemangi yang terlalu banyak dari segi jumlah dan dalam jangka waktu lama ternyata bisa mengakibatkan beberapa gangguan atau efek samping bagi kesehatan anda.

Apa Saja Efek Samping / Negatif Penggunaan Daun Kemangi Jika Berlebihan?
  • Kemangi mengandung eugenol yang ternyata jika berlebihan berbahaya bagi tubuh anda. Bahaya eugeno antara lain bisa mengakibatkan pendarahan saat kencing, rasa mual, tenggorokan terasa kering dan terbakar seperti terkena serangan panas dalam, bisa menyebabkan jantung berdebar lebih kencang.
  • Bahaya dan Efek samping kemangi lainnya adalah hipolisemia. Sudah dijelaskan di atas, kemangi berpengaruh pada darah manusia. Kemangi juga bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Namun ini sama sekali tidak baik jika dikonsumsi bersama dengan obat untuk diabetes. Ketika anda mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, maka efek samping yang bisa terjadi adalah pusing, menggigil, bahkan hingga pingsan.
  • Untuk anda yang ingin hamil, sedang merencanakan kehamilan, serta wanita yang sedang menyusui sama sekali tidak diperbolehkan mengkonsumsi daun kemangi. Hal ini karena daun kemangi yang bisa menyebabkan tingkat kesuburan menjadi turun. Meskipun penelitian yang dilakukan terhadap hewan, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.
  • Perlu diketahui bahwa daun kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat yang sifatnya acetaminofen. Hal ini karena daun kemangi yang bersifat anti peradangan. Konsultasikanlah dengan dokter ahlinya untuk informasi lebih jelasnya.
Demikian beberapa efek samping yang negatif dari daun kemangi jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang dan terus menerus. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:06

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.