loading...

Buku : Menolak Pemikiran Said Aqil

Posted by

KH Said Aqil Siroj, Ketua PBNU, dikenal sering melontarkan pemikiran kontroversial. Misalnya, ia menyamakan antara Sunni dengan Syiah. Perbedaan keduanya, katanya, hanya furu’iyah alias bukan pokok.

Pemikiran nyeleneh Said Aqil itu membuat resah umat Islam, bahkan juga di kalangan NU sendiri. Di antara yang resah itu adalah Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur. Keresahan itu kemudian mendorong para kiai di pesantren yang terbilang tertua di NU ini menulis buku berjudul Menolak Pemikiran KH Said Aqil Siroj.

Sesuai judulnya, buku ini meng-counter pemikiran Said. Tentu dengan hujjah dan argumentasi yang kuat. Umpamanya soal pandangan Said tentang Syiah, menurut buku ini jelas bertentangan dengan realita dan pendapat seluruh ulama ahlusunnah wal jamaah (h 66). KH Hasyim Asy’ari, pendiri NU, sudah menegaskan bahwa Syiah itu sesat dan bukan bagian dari ahlusunnah wal jamaah.

Buku ini juga membantah pemikiran Said soal pluralisme (h 76). Said berpendapat bahwa keimanan bukan monopoli umat Islam. Kaum Yahudi, Kristiani, Shabi’in, Budha, Hindu dan Konghucu maupun kepercayaan lainnya. Semua itu umat beriman, sepanjang dalam keyakinan mereka terselip butir-butir keimanan kepada Allah, Tuhan, Sang Hyang Widi atau apa pun namanya.

Menurut Sidogiri, pemikiran Dr Said Aqil itu sulit dinalar secara ilmiah. Ia hanya mengambil penggalan ayat dan meninggalkan penggalan berikutnya. Lalu membuat kesimpulan yang dinilai sesat.

Selain Syiah dan pluralisme, Sidogiri juga menolak 5 pemikiran Said yang lain. Yaitu motif dakwah Nabi, jabariyah, muktazilah, ukhuwah Islamiyah dan syariat Islam.

KH A Nawawi Abd Djalil, pengasuh Sidogiri, seperti di tulis dalam buku ini, secara pribadi sudah mengingatkan Said. Namun menurut KH Nawawi tetap perlu diterbitkan buku untuk mengcounter pemikiran Said Aqil. “Agar bisa dibaca secara seksama oleh masyarakat,” katanya.*

Judul Buku: Menolak Pemikiran KH Said Aqil Siroj

Penerbit: PP Sidogiri

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:54

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.