loading...

Buah Mengkudu, Adakah Efek Sampingnya?

Posted by

Untuk Mendapatkan Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Anda Harus Tahu Juga Efek Samping dan Bahayanya jika konsumsi buah Mengkudu tidak sesuai aturan dan berlebihan.

Buah mengkudu sudah lama diketahui bermanfaat bagi kesehatan tetapi masih jarang yang mengetahui jika mengkudu juga memiliki efek samping jika salah cara mengonsumsinya. Apa saja efek samping mengkudu selain baunya yang tidak sedap dan bisa bikin mual juga rasanya yang pahit?

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang paling sedikit penyukanya. Sebab memang tidak ada alasan khusus untuk menyukai buah ini. Buah mengkudu ini malah memiliki rasa yang pahit.

Mengkudu berbahaya untuk ibu hamil

Zat pahit dalam mengkudu ini memiliki zat aktif yang sangat berbahaya. Khasiatnya mampu membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh. Namun jika pasien yang mengkonsumsi buah ini dalam keadaan hamil, justru malah mampu membunuh janin yang ada dalam perut Anda.

Wanita yang Sedang dalam Keadaan Menyusui dilarang mengonsumsi mengkudu

Selain dalam keadaan hamil, mengkonsumsi buah mengkudu juga tidak dianjurkan saat Anda sedang menyusui. Zat dalam mengkudu ternyata cukup aktif bisa mempengaruhi kondisi air susu yang dihasilkan oleh ibu. Hal yang ditakutkan adalah zat berbahaya ini masuk ke dalam asi dan terminum oleh si bayi.

Pottasium Tinggi pada Mengkudu bisa menyebabkan Masalah pada Ginjal

Bagi Anda yang memiliki masalah ginjal, sebaiknya untuk berhati-hati ketika mengkonsumsi buah pahit ini. Pasalnya di dalam mengkudu terdapat kandungan pottasium dalam jumlah besar. Hal ini berpotensi memicu masalah baru pada pasien yang memiliki gangguan penyakit ginjal. Beberapa kasus pada orang yang bermasalah dengan ginjal, melaporkan bahwa ada kandungan kalium dengan tingkat yang sangat tinggi berada dalam darah. Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata pasien yang memiliki kadar kalium tinggi tadi usai meminum jus mengkudu.

Hati hati penggunaan mengkudu pada Penderita Penyakit Hati

Selain itu, buah mengkudu menjadi salah satu buah yang cukup berbahaya bagi penderita penyakit tertentu. Misalnya adalah mereka pasien penyakit hati. Pasalnya beberapa orang yang tidak cocok dengan kandungan yang ada dalam buah ini kerap dikaitkan dengan kasus kerusakan hati. Oleh sebab itu, cobalah untuk menghindari buah mengkudu jika Anda memiliki penyakit hati.

Buah Mengkudu bisa Memicu Darah Tinggi (Hipertensi)

Efek samping lainnya yang dihasilkan dari buah mengkudu adalah mampu menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Sebab jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak buah mengkudu, mampu berpotensi menyebabkan tekanan darah naik. Sayangnya jika Anda tidak bisa menangani masalah ini, bisa berujung serius. Karena dikhawatirkan bisa mengancam kesehatan dan diri Anda. Untuk itu, tetap selalu waspada dalam mengkonsumsi buah-buahan, apalagi ini adalah buah mengkudu yang tergolong zat alami serta berasal dari tumbuhan.

Jika Anda sedang menderita suatu penyakit, lalu hendak mengkonsumsi buah ini, maka perlu waspada. Perhatikan pada bagian warning dan peringatan obat tersebut. Apakah termasuk salah satu obat yang bisa diberikan oleh penderita tekanan darah tinggi atau reseptor angiotensin ( ARB ). Sebab ada beberapa obat yang dibolehkan pada penderita tekanan darah tinggi dapat berakibat buruk. Salah satunya adalah mampu meningkatkan kalium dalam darah. Sehingga jika Anda tetap mengkonsumsi buah mengkudu bersama dengan obat-obatan tadi, resiko paling bahaya yang Anda dapatkan adalah kalium dalam darah menjadi terlalu banyak.

Mengatur dan Mengukur Dosis Buah Mengkudu

Mengkonsumsi suatu bahan saja ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun mengkudu masuk ke dalam salah satu buah-buahan, tetap saja ada batasannya. Ini tidak serupa ketika Anda mengkonsumsi buah-buahan biasa. Yang mana buah-buahan tersebut tidak terlalu memberikan efek samping dan juga masalah serius. Buah mengkudu ini memiliki kekuatan yang cukup besar.

Untuk itu ada dosis tertentu saat Anda mengkonsumsi buah ini. Namun satu orang dengan orang yang lainnya juga tidaklah sama. Sebab ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Beberapa faktor pertimbangan tersebut adalah :

1. Usia

Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki masalah kesehatan, kemudian mereka akan sama-sama memakan buah mengkudu dalam dosis sama. Tentu saja tidak. Usia anaa-anak dan orang dewasa terpaut cukup jauh. Sehingga disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usianya.

2. Riwayat Kesehatan

Beberapa pasien yang hendak mengkonsumsi buah mengkudu berbeda-beda. Ada pula yang memiliki masalah kesehatan ringan dan ada pula yang memiliki masalah kesehatan cukup memprihatinkan. Jika masalah kesehatannya berkaitan dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka sebaiknya cukup sedikit saja. Karena buah mengkudu ini jika disandingkan dengan hipertensi hasilnya tidaklah baik.

3. Tingkat Keparahan Penyakit

Pasien yang menderita batuk-batuk bisa diobati dengan menggunakan buah mengkudu. Pasien yang memiliki masalah gula darah dandiabetes juga bisa diobati dengan buah mengkudu. Meskipun keduanya memakan buah yang sama, namun sasaran penyakitnya bisa berlainan. Ketika seorang pasien dengan keluhan batuk tadi sudah bisa sembuh ketika mengkonsumsi mengkudu selama 3 hari. Maka penderita penyakit diabetes tadi juga belum mungkin menuai kesembuhan setelah 3 hari kemudian, sama dengan si penderita batuk.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:57

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.