loading...

Bahaya dan Efek Samping Daun Salam, Bijaksanalah Dalam Menggunakannya

Posted by

Sebelum Menggunakan Daun Salam Sebagai Obat Herbal, Pelajari dengan teliti adakah efek sampingnya.

Efek Konstipasi 

Berdasarkan penelitian mengenai ekstrak daun salam, ditemukan fakta bahwa mencit yang menjadi objek uji coba mengalami konstipasi atau sulit buang air besar. Hal ini disebabkan senyawa di dalam daun salam yang memang susah untuk dicerna. Umumnya efek samping daun salam ini terjadi pada mereka yang memanfaatkannya sebagai penurun tekanan darah tinggi. Sebab kadar yang dibutuhkan memang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Namun, efek sulit buang air besar ini bisa diatasi dengan menambahkan ekstrak daun cincau bersama dengan ekstrak daun salam. Kombinasi keduanya terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan sekaligus menghindarkan konstipasi. 

Masih Menjadi Polemik 

Sebenarnya efek samping daun salam sendiri masih menjadi perdebatan sebab masih jarang ditemui adanya laporan masyarakat. Oleh sebab itu para ahli menyebutkan bahwa daun salam tergolong aman jika dikonsumsi dengan batasan tertentu dan dengan cara yang tepat. Meski demikian, ahli kesehatan juga memperingatkan penderita asma agar berhati-hati sebab senyawa di dalam daun salam memiliki efek yang buruk bagi mereka. Selain itu, ahli medis juga tidak menganjurkan konsumsi daun salam bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui dalam takaran berlebihan. Akan tetapi karena kurangnya bukti yang bersifat alamiah, hal ini kemudian menjadi semacam perdebatan yang belum menemui titik ujung. 

Dalam konteks ini perlu juga disebutkan mengenai laporan seorang pasien yang mengalami penyakit eksim saat mengkonsumsi daun salam. Namun peneliti menyebutkan bahwa efek tersebut bergantung penuh pada tingkat sensitifitas tubuh. Nah, kabarnya ada beberapa cara untuk meminimalisir efek samping daun salam ini. Salah satunya dengan merebus daun salam menggunakan kuali dari tanah liat dan bukan dari aluminium. Hal ini telah dibuktikan oleh nenek moyang kita yang rutin menjadikan daun salam sebagai obat dan jarang mengeluhkan akibat penggunaannya. 

Tips Cara Memasak Daun Salam

Menurut situs gentongmas.com, daun salam harus dimasak dan diolah dengan benar agar daun salam justru tidak mengganggu pencernaan. Memang, secara keseluruhan, daun salam memiliki efek samping sangat sedikit, dan kemungkinan aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang digunakan dalam makanan. Namun, pada beberapa kasus dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti : masalah pencernaan karena daun salam sulit untuk dicerna, dapat berdampak juga pada pernapasan untuk penderita asma.

Selain itu, daun salam juga memiliki hubungan dengan alergi  terutama bagi para ibu yang sedang hamil atau menyusui. Oleh karenanya,  kita  juga harus memperhatikan tingkat kematangan daun salam ketika memasukkan dalam masakan kita atau jika kita ingin membuat obat tradisional berbahan daun salam.

Seperti dilansir melalui manfaatdaunsalam.blogspot.com, informasi terkait efek samping daun salam pada dasarnya masih sangat sedikit. Jumlah penelitian yang berfokus pada daun salam pun juga sangat minim. Namun, dari efek samping tersebut, daun salam tetap tergolong dalam tanaman obat yang memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan kita sekeluarga, kecuali bagi kita yang memang memiliki alergi dengan bahan-bahan tertentu.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:40

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.