loading...

Apakah Makan Manggis Berbahaya Jika Berlebihan?

Posted by

Buah Manggis Banyak Manfaatnya, Tetapi Jangan Berlebihan Karena Bisa Menimbulkan Efek Negatif Bagi Kesehatan

Manggis. Siapa tidak kenal buah manggis, si hitam manis. Orang menjuluki manggis dengan si hitam berdaging putih karena memang warna kulit manggis hitam tetapi ketika buahnya dibuka akan muncul daging buah yang berwarna putih.


Mengonsumsi buah manggis banyak manfaatnya bagi tubuh karena manggis memiliki kandungan vitamin seperti buah-buahan lainnya. Tetapi sangat tidak dianjurkan makan manggis dalam jumlah berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan seperti:
  • Mengakibatkan alergi, sebagian orang yang alergi bisa mengalami sakit kepala, kulit kemerahan, atau nyeri sendi.
  • Jika anda mempunyai lambung yang sensitif dan baru pertama kali makan manggis, bisa jadi pergerakan usus menjadi longgar dari biasa atau konstipasi jika memakan manggis terlalu banyak.
  • Seperti yang dikatakan sebelumnya kandungan antioksidan dalam manggis mampu melawan radikal bebas, jika anda mengkonsumsi manggis dan sedang menjalani kemoterapi anda harus meminta saran ahli karena manggis bisa mengganggu proses penyusutan tumor.
  • Orang yang didiagnosa menderita polycythemia rubra vera atau keadaan dimana seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang berlebih karena ketidaknormalan produksi sumsum tulang dilarang mengkonsumsi manggis karena manggis malah memperbanyak jumlah sel darah merah.
  • Jika anda menderita diabetes dan didiagnosa menderita komplikasi gastroparesis sebaiknya juga menghindari konsumsi manggis karena mengakibatkan konstipasi.
  • Meski tidak banyak bukti jika manggis mempengaruhi kesehatan seseorang yang meminum obat tertentu, namun alangkah lebih baik tidak makan atau minu produk yang berkaitan dengan manggis saat masih harus menjalani pengobatan.
Jadi konsumsilah buah-buahan secukupnya saja karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak akan baik bagi kesehatan. 

Untuk Ibu Hamil Bahkan Dianjurkan Mengonsumsi Buah Manggis Secukupnya Karena Banyak Manfaatnya Untuk Janin dan Ibu Hamil
 
Catatan: Beberapa Manfaat Manggis Bagi Ibu Hamil

Mencegah Cacat Bayi. Ibu hamil membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan. Folat diperlukan dalam gizi ibu hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak. Manggis memiliki kandungan folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis, jumlah ini tentu sangat besar. Manfaat manggis untuk ibu hamil membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.

Membentuk Jaringan Tulang Rawan. Manggis mengandung sekitar 0,3 miligram mangan dalam setiap 50 gram daging buah. Semua ibu hamil membutuhkan mangan untuk membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin. Kesempurnaan bentuk dan fisik dari bayi ditentukan dari jumlah kecukupan asupan mangan. Buah manggis sangat baik dikonsumsi saat mulai tanda tanda kehamilan di trimester pertama. Bahkan mangan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh.
Ibu hamil membutuhkan asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang berperan untuk membentuk dukungan imun tubuh yang kuat selama kehamilan. Manggis kaya dengan sumber vitamin C, bahkan dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya. Vitamin C berperan untuk meningkatkan kesehatan ibu, menjaga sistem kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi kuman dan bakteri, serta mempersiapkan kulit ibu hamil saat janin tumbuh besar.

Mengatasi Sembelit.
Serat adalah salah satu zat khusus yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama saat masuk ke trimester pertama. Ibu hamil selalu mengalami gangguan kehamilan seperti sembelit dan rasa tidak nyaman karena pengaruh hormon pada sistem pencernaan. Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat. Kebutuhan wanita hamil sekitar 26 gram serat setiap hari. Serat pada buah manggis akan mengurangi rasa sembelit.

Mencegah Preklamsia. Preklamsia adalah sebuah kondisi yang bisa terjadi pada semua ibu hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, karena pola makan yang buruk dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil. Kondisi ini bisa menjadi penyebab keguguran, kematian ibu dan janin, kelahiran prematur dan cacat janin. Konsumsi buah manggis setidaknya 2 buah sehari akan mengurangi semua resiko preklamsia. Manfaat manggis untuk ibu hamil mampu mempengaruhi tekanan darah dan penyerapan protein dalam darah.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:37

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.