loading...

Tanaman Vanili, Manfaat dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Posted by

VANILI (vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah vanili adalah panili atau perneli.

Adapun vanili powder merupakan produk turunan buah vanili yang sebenarnya berasal dari vanilla bean yang diolah lagi menjadi bentuk bubuk dengan bantuan blender. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi si pemakai dengan mencampurkannya langsung sebagai bahan baku kue ataupun minuman sesuai takaran resep yang ada.

Tanaman Vanili
Beberapa industri es krim rumahan dan kafe bahkan meracik kembali vanili powder ke dalam aneka rasa, dengan bubuk stroberi misalnya, bubuk kopi, ataupun cokelat. Vanili powder yang asli berwarna cokelat kehitaman dan beraroma lembut, berbeda dengan vanili powder buatan pabrik yang berbau menyengat serta berasa pahit di lidah bilamana dicicip dikarenakan adanya campuran bahan kimia.

Tidak hanya untuk bahan baku kue ataupun minuman, bubuk vanili juga dapat digunakan sebagai campuran ramuan terapi spa hingga perawatan kecantikan kulit. Biasanya bubuk ini akan dicampur dengan bahan natural lain seperti jahe, kayu manis, madu, dan susu.

Lain pula dengan vanili extract. Ini dibuat dengan bahan dasar vanilla bean yang dipotong kecil-kecil dan telah bercampur dengan alkohol sebagai bagian proses fermentasi agar aroma tetap muncul, bahkan lebih menyengat manakala telah menjadi bentuk cair. Setidaknya dibutuhkan campuran alkohol dengan batas kadar tidak melebihi 35 persen untuk membuat produk ini.

Tujuan pembuatan produk vanilla extract pada awalnya adalah untuk menghemat penggunaan bahan baku vanilla bean yang mahal harganya sehingga produk ini dapat dijual dengan harga lebih murah dan dalam skala yang banyak. Padahal bilamana berbicara penghematan saat penggunaan, justru vanilla batangan ataupun vanilla bean bisa jauh lebih hemat dibandingkan vanilla extract.


Manfaat Tanaman Vanili Bagi Kesehatan 

Memperbaiki sistem syaraf

Daun vanili juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk menjaga dan juga memperbaiki sistem syaraf kita. Hal ini berhubungan erat dengan efek relaksasi, dimana sistem syaraf dan otot yang tadinya merasa tegang akan kembali menjadi rileks, serta dapat membuat individu merasakan ketenangan dan juga kenyamanan.

Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian baru-baru ini juga mengatakan, bahwa daun vanili memiliki manfaat yang sangat baik dan juga penting untuk menurunkan berat badan. Jadi, bagi anda yang sedang berada dalam program diet khusus untuk menurunkan berat badan, cbalah untuk menjadikan daun vanili dalam salah satu daftar bahan campuran menu makanan anda untuk membantu memercepat menurunkan berat badan anda dengan sukses.

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lainnya dari daun vanili yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda adalah untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan juga fungsi kognitif. Dengan begitu, maka daun vanili dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan juga efektif untuk meningkatkan kecerdasan anda.




Sebagai aromaterapi

Selain dimanfaatkan sebagai parfum, wangi dari daun vanili juga sering dimanfaatkan untuk aromaterapi. Sudah banyak sekali jenis aromaterapi, dalam bentuk spray atau semprot dan juga lilin aromatherapy yang memanfaatkan daun vanili untuk diekstrak wanginya sebagai salah satu aromaterapi.

Anti inflamasi


Bagi kesehatan, apabila diolah dan dikonsumsi sendiri daun vanili memiliki manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan yang pertama dari daun vanili adalah sebagai salah satu ramuan yang dapat mencegah peradangan, atau sering dikenal dengan istilah anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi ramuan atau campuran dari daun vanili ini, maka tubuh kita dapat terhindar dari jenis-jenis peradangan, seperti radang tenggorokkan, radang usus, radang lambung, dan juga jenis peradangan lainnya yang kemungkinan dapat menyerang tubuh kita.

Sebagai antioksidan alami

Manfaat daun vanili juga memiliki peran yang amat sangat penting sebagai salah satu antioksidan alami. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu menangkal radikal bebas, dan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Dengan adanya antioksidan alami ini, maka tubuh kita kan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kanker, serta dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti elastisitas kult yang menurun, kulit kasar dan kusam serta manfaat kesehatan lainnya.

Dapat meredakan stress dan depresi

Dengan menggunakan daun vanili sebagai salah satu bahan dari aromatherapy, maka efek dan manfaatnya yang mudah dirasakan dengan cepat adalah efek relaksasi. Selain itu, dengan meminum ramuan yang dicampur dengan daun vanili, efek relaksasi itu akan semakin terasa.

Efek relaksasi yang ditimbulkan oleh daun vanili inilah yang sangat baik untuk membantu meredakan gejala stress, depresi dan juga gejala tertekan pada individu. Dengan kondisi tubuh yang menjadi lebih rileks, maka kondisi syaraf-syaraf menjadi lebih tenang dan santai, serta dapat mencegah munculnya kemabli stress serta depresi tersebut.

Mengurangi rasa mual, terutama bagi ibu hamil

Manfaat daun vanili juga yang baik utnuk ibu hamil. Apabila diolah bersamaan dengan biji vanilla, maka daun vanili dapat membantu untuk mengurangi rasa mual, terutama rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil.

Biasanya rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil ini merupakan salah satu gejala yang kita kenal dengan istilah morning sickness, dimana akan muncul rasa mual dan juga ingin muntah pada ibu hamil. Dengan memanfaatkan ramuan dari daun vanili dan juga biji vanilla, maka gejala ini dapat mereda dengan signifikan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:57

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.