Penyakit Kambing Akibat Salah Makan

Posted by

loading...

Macam dan Jenis Penyakit Ternak Kambing Yang Disebabkan Pakan

1. Gangguan pencernaan

Sebuah rumen yang sehat sangat penting bagi seekor kambing untuk benar dalam mencerna serat pakan. Enzim pencernaan di abomasum dan usus kecil tidak dapat memecah serat dengan benar kecuali telah disiapkan oleh mikroorganisme rumen. Maka bakteri dalam rumen pun harus bakteri yang bagus pula.

1.1 Gejala dan Penyebab

Bakteri rumen yang sehat dapat dibunuh oleh makananan yang tidak benar ( terlalu banyak biji-bijian, jerami berjamur, makanan kotor, dan sebagainya ), antibiotik oral dan racun bakteri patogen ( seperti yang diproduksi oleh Clostridium perfringens, tipe C dan D ). Ketika bakteri mati, kambing tidak bisa mencerna makanan, sehingga rumen menjadi tong makanan membusuk dan bakteri berkembang cepat sehingga menjadi  beracun. Rumen berhenti prosesnya, akibatnya menjadi stagnan, dam menyebabkan lebih banyak bakteri mati karena tidak ada siklus (ada yang masuk dan keluar).

Gangguan pencernaan dapat berkisar dari ringan sampai parah dan fatal. Seekor kambing akan menunjukkan tanda-tanda dengan makan kurang atau tidak sama sekali dan oleh perubahan perilakunya. Kambing mungkin banyak gerak dan berusuara brisik.

1.2 Pengobatan

Pengobatan gangguan pencernanaan adalah Rumen harus didetoksifikasi (dikeluarkan racunnya), didorong untuk berkontraksi dan dikosongkan lambungnya, kemudian mengisi kembali dengan bakteri normal. Susu yang mengandung magnesium bisa medetoksifikasi dan mengurangi keasaman rumen. Ini juga akan membantu mendorong kontraksi rumen.

Untuk kambing, berikan 2 ons susu magnesium empat kali sehari selama dua hari. Untuk kambing besar seperti Boer, berikan 4 ons susu magnesium empat kali sehari selama dua hari.

Karena semua bahan beracun dikosongkan keluar dari rumen, selama proses itu kambing akan mengeluarkan diare ( mencret) berbau busuk selama 12 sampai 24 jam. Jangan mengobati diare ini, Jika Anda ingin menghapus semua masalah buruk secepat mungkin.

Untuk mengganti bakteri normal, memberikan kambing 1/2 sampai 1 prebiotik SOC dengan di contang. Nah… ika susu magnesium dan yogurt rutin tidak bekerja, hubungi dokter hewan Anda.

1.3 Pencegahan

Untuk mencegah gangguan pencernaan, kita bisa mengurangi jumlah pemberian pakan berupa biji bijian. Sebab terlalu banyak biji-bijian akan menyebabkan gangguan pencernaan, karena makanan ini akan mengganggu keseimbangan mikroorganisme dalam rumen.  Hati-hati dengan antibiotik. Mereka sering membunuh bakteri rumen, memungkinkan bakteri jahat untuk mengambil alih dan menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Enterotoxemia

Juga disebut " penyakit makan berlebihan, "

enterotoxemia terjadi ketika bakteri tertentu, Clostridium perfringens, tipe C atau D, menginfeksi rumen ketika kambing menderita gangguan pencernaan. Ini berkembang biak dengan cepat, mengambil keuntungan dari lingkungan asam untuk menghasilkan racun sendiri, meracuni kambing.

2.1 Gejala dan Penyebab

Bila keseimbangan bakteri dalam perut terganggu (karena makan terlalu banyak biji-bijian, dan sebagainya), Clostridium perfringens menjadi produktif dan menghasilkan racun. Kambing yang menderita penyakit ini mungkin menunjukkan berkedut, perut bengkak, gigi grinding dan demam.

2.2 Pengobatan

Tidak ada obat yang efektif untuk penyakit ini. Hal ini biasanya berakibat fatal dan tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan apapun.

2.3 Pencegahan

Enterotoxemia dapat dicegah dengan vaksinasi tahunan dan dengan menghindari perubahan mendadak dalam diet kambing Anda. Kambing beresiko untuk melahap kelebihan gandum atau menyusui anak-anak beresiko dan harus divaksinasi. Memberikan makanan kering

3. Kembung

Rumen yang normal bergolak 1-4 kali setiap menit, dan bakteri yang menghasilkan gas metan terus menerus. Sebagian besar gas ini dilepaskan sebagai kentut kambing. Kembung terjadi ketika kambing tidak mampu mengeluarkan gas tersebut

3.1 Gejala dan Penyebab

hijauan tertentu semisal alfafa menyebabkan terbentuknya gas dalam rumen. Gas tersebut terjebak dalam gelembung sehingga susah dikeluarkan sampai perut kambing/domba kelihatan buncit. Dan kambing kelihatan sangat tidak nyaman..  

Rumen kambing akan membengkak, dan kambing dapat menendang nendang di sisi kiri dan mendengus. Kambing masih bisa bangkit namun kemudian kembali berbaring. Jika tidak segera diobati, kembung ini dapat menyebabkan kematian.

3.2 Pengobatan

Pengobatan jelas - gas harus diperbolehkan untuk mengeluarkan gas berlebih dalam rumen. Posisi kambing pada curam ( setidaknya sudut 45 derajat ) dengan kaki depan lebih tinggi dari belakang. Ini mengangkat pembukaan antara esophagus dan rumen dan akan sering menjadi semua yang diperlukan untuk meringankan kembung.

Minyak mineral atau susu magnesium ( 2 sampai 3 ons ) akan membantu meringankan kembung. Setelah obat telah diberikan, memijat perut juga akan membantu mengeluarkan gas dalam perut kambing. J

arak pengobatan dan pemijatan sekitar satu jam. 

Jika perawatan ini tidak berhasil, hubungi mantra atau dokter hewan..

3.3 Pencegahan

Jangan bingung rumen penuh dengan gas.  Rumen terletak di sisi kiri dari kambing. Kembung akan menjadikan kambing kelihatan tegang.hanya dengan mengeluarkan gas melalui kentut dan sendawa sudah bisa menjadikan terhindar dari kembung.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:50

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.