loading...

Mengapa Bisa Terjadi Gerhana Matahari dan Bulan?

Posted by

Faktor Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari

Fenomena Alam yang langka dan jarang terjadi adalah gerhana matahari total yang pernah terjadi pada tahun 2006 lalu di Libya. Kesempatan Tahun ini 2016 berdasarkan berbagai informasi di media masa, beberapa wilayah tertentu di Indonesia juga akan mengalami lagi fenomena gerhana matahari total (GMT). Sedangkan daerah tertentu di negara kita hanya akan menikmati gerhana matahari sebagian.

Mengapa bisa terjadi gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian? Agar lebih jelas dan detil tentang fenomena gerhana matahari dan gerhana bulan serta apa penyebabnya. Berikut proses terjadinya gerhana matahari, baik gerhana matahari total, gerhana matahari parsial atau sebagian dan gerhana matahari cincin serta proses terjadinya gerhana bulan.
 
gerhana bulan dan matahari
Add caption

Terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari adalah sebagai akibat dari Revolusi bulan mengelilingi bumi dan revolusi bumi mengelilingi matahari. Dalam revolusinya, bumi menghasilkan bayang-bayang yang sangat panjang menjauh dari matahari (panjangnya mencapai beberapa ribu kilometer). Bayang-bayang tersebut terdiri dari dua macam bagian, yaitu; bayang-bayang yang sangat gelap, disebut umbra atau bayang-bayang inti; dan bayang-bayang kabur, disebut penumbra atau bayang-bayang semu. Semakin jauh dari bumi, bentuk umbra semakin kecil. Akan tetapi, bentuk penumbranya semakin besar. Akibat adanya umbra dan penumbra inilah gerhana bulan dapat terjadi.


Gerhana Bulan
gerhana bulan
Add caption

Gerhana bulan terjadi jika bulan dalam peredarannya masuk ke umbra bumi, sebagian atau seluruhnya. Jika bulan berada dalam penumbra bumi, bulan tampak samar-samar; jika sebagaian bulan masuk ke umbra bumi, terjadi gerhana bulan sebagian; jika seluruh bulan masuk ke umbra bumi, terjadi gerhana bulan total. Lama seluruh gerhana bulan dapat berlangsung kira-kira 6 jam, tetapi gerhana bulan total hanya berlangsung kira-kira satu jam empat puluh menit. Sebagaimana bumi, bulan juga menghasilkan umbra dan penumbra jika terkena sinar matahari. Adanya umbra dan penumbra bulan inilah gerhana matahari dapat terjadi.

Gerhana Matahari
gerhana matahari
Add caption

Gerhana matahari dapat terjadi jika umbra dan atau penumbra bulan jatuh ke permukaan bumi. Karena bulan jauh lebih kecil daripada matahari, bayang-bayang bulan yang jatuh mengenai permukaan bumi hanya melingkupi luasan yang sempit saja. Oleh karena itu, gerhana matahari yang terjadi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu gerhana total, gerhana parsial, dan gerhana cincin. Gerhana matahari total dialami oleh bagian bumi yang masuk ke umbra bulan.
Gerhana matahari total ini hanya berlangsung kira-kira 6 menit, jauh lebih singkat daripada gerhana bulan total.
Gerhana matahari parsial (sebagian) dialami oleh bagian bumi yang masuk ke penumbra bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi jika bulan dan bumi terletak pada jarak terjauh (aphelium). Gerhana ini terjadi karena titik umbra bulan tidak mencapai permukaan bumi. Jadi pada saat itu bumi berada pada penumbra bulan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:18

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.