loading...

Mengapa Besi Terasa Lebih Dingin Daripada Kayu?

Posted by

Benarkah Suhu Besi Lebih Dingin Dibandingkan Kayu Pada Tempat Yang Sama?
 
Jawabannya adalah tidak ada yang lebih dingin atau lebih panas antara besi dan kayu ataupun benda yang lain, selama didiamkan di tempat dan suhu yang sama. Sebenarnya, penjelasannya sangat sederhana.

besi lebih dingin dibanding kayu itu murni dari persepsi indra kita yang sangat terbatas. sebenarnya kayu dan besi memiliki temperatur yang sama jika didiamkan dalam tempat yang sama. namun karena besi memiliki hantar kalor yang jauh lebih tinggi dibanding kayu, maka besi terasa lebih dingin. karena besi "mencuri" kalor dari tangan kita jauh lebih cepat dibanding kayu. sehingga tangan akan kehilangan kalor dengan cepat kemudian mengakibatkan syaraf yang ada di tangan menyampaikan sinyal "dingin" ke otak.

Nah andaikata tubuh kita memiliki temperatur sama dengan temperatur ruang, bagi kita besi sama saja seperti kayu. karena tidak ada kalor yang ditransfer.

Dari rumus perpindahan kalor di buku-buku fisika, yang ada tercantum bahwa laju perpindahan kalor sebanding dengan konduktivitas bahan. Nah, besi termasuk bahan logam dimana memiliki konduktivitas termal yang tinggi dibandingkan dengan kayu. Karena itu besi lebih mudah menyerap kalor dari pada kayu, sehingga besi akan terasa dingin dipagi hari dibandingkan kayu.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:31

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.